Cuma 53 Detik, Ini Penerbangan Terpendek di Dunia!

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 13/Janu/2022 16:14 WIB
Ilustrasi pesawat (iStock)  Ilustrasi pesawat (iStock)

Jakarta (Beritatrans.com) - Penerbangan umumnya memakan waktu cukup lama. Tapi yang ini pendek banget, bahkan hitungan detik.

Dilansir dari CNN Internasional, penerbangan ini ada di wilayah Skotlandia, Inggris. Penerbangan ini melayani rute Westray, sebuah pulau di tepi kepulauan Orkney di utara Skotlandia, ke pulau Papa Westray yang lebih kecil dan terpencil.

Guinness World Records menobatkan penerbangan tersebut sebagai yang terpendek. Bayangkan, perjalanannya hanya menempuh jarak 2,7 kilometer saja.

Terpisahkan oleh lautan, dibutuhkan pesawat untuk menghubungkan kedua tempat ini. Alhasil, penumpang bisa sampai di tujuan dalam waktu sekitar dua menit.

Kalau cuaca sedang bagus dan beban yang dibawa pesawat tidak berat, penerbangan hanya butuh waktu 53 detik!

Baca juga: Ini Cara Menyelamatkan Diri saat Kaca Jendela Pesawat Pecah
Rute Orkney-Papa Westray dilayani oleh Loganair. Mereka mengoperasikan pesawat kecil dengan kabin seukuran mobil van. Pesawat kecil itu hanya bisa mengangkut delapan orang penumpang.

Tak seperti di pesawat komersil pada umumnya, penumpang tidak bisa memilih tempat duduk. Alokasi kursi penumpang ditentukan berdasarkan berat badan agar beban pesawat dapat terdistribusi secara merata.

Dalam sehari, ada dua hingga tiga kali jadwal penerbangan. Umumnya, penumpang adalah penduduk yang tinggal di pulau terpencil Papa Westray. Jika musim panas tiba, ada juga beberapa turis yang ingin merasakan naik pesawat dengan rute terpendek sekaligus mengeksplorasi keindahan Pulau Papa Westray.

Layanan penerbangan di Provinsi Orkey sudah beroperasi sejak 1967. Namun, penerbangan rute pendek baru ada sejak 2011 karena banyaknya wisatawan yang tertarik untuk mengeksplorasi Provinsi Orkney. Penulis travel terkenal, Bill Bryson menjadikan Papa Westray sebagai tempat favoritnya di seantero Britania Raya.  (ny/Sumber: detik.com)

 

Baca Juga:
Bantu Lawan Rusia, Inggris Kirim Helikopter Sea King ke Ukraina