3 Ruas Jalan di Kota Bandung Terapkan Buka Tutup Mulai Akhir Pekan Ini

  • Oleh : Taryani

Kamis, 10/Feb/2022 19:09 WIB
Sejumlah anak menyeberang di ruas jalan protokol kawasan Asia Afrika Bandung, Jawa Barat. (Foto:ANTARA) Sejumlah anak menyeberang di ruas jalan protokol kawasan Asia Afrika Bandung, Jawa Barat. (Foto:ANTARA)

BANDUNG (BeritaTrans.com) -  Pemerintah Kota Bandung menerapkan sistem buka tutup terhadap tiga ruas jalan.

Hal ini dilakukan guna menindaklanjuti status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan kasus Covid-19 varian Omicron yang terus melonjak

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung akan menerapkan aturan buka tutup jalan mulai Sabtu (11/2/2022) akhir pekan ini. Penerapan buka tutup jalan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, penutupan jalan hanya dilakukan setiap akhir pekan yaitu pada Sabtu dan Minggu.

"Penutupan jalan mulai berlaku pukul 18.00 hingga 24.00 WIB. Dilakukan malam Minggu dan malam Senin," kata Asep di Balai Kota Bandung, Kamis (10/2).

Asep menjelaskan, ada tiga ruas jalan yang akan ditutup yakni Jalan Lengkong Kecil, Jalan Tamblong-Asia Afrika, dan Jalan Dipatiukur.

Ketiga ruas jalan tersebut dianggap rawan terjadinya kerumunan karena aktivitas jual-beli.

Kawasan Lengkong Kecil dan Dipatiukur merupakan distrik kuliner kaki lima. Terdapat banyak pedagang kaki lima dan restoran di sana.

Sedangkan, di Jalan Tamblong-Asia Afrika adalah kawasan wisata sejarah yang kerap dipadati warga yang berakhir pekan.

"Ketiga tiga titik itu rawan kerumunan. Protokol kesehatan 5M dan 3T itu harus dilakukan dan dipahami," cetus Asep.

Asep mengatakan, pihaknya bersama TNI/Polri juga akan menyiagakan petugas di ketiga ruas tersebut. Mereka bersiaga untuk mencegah masyarakat yang menerobos penutupan jalan.

"Intinya kami menutup akses ke lokasi keramaian tersebut. Penutupan hingga jam 24.00 WIB karena pada dini hari orang-orang sepertinya sudah tidur," ujarnya. (tr/Sumber:CNN Indonesia)