KSOP Panjang Bareng Insan Maritim Gelar Vaksinasi Booster Covid-19

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 12/Feb/2022 10:53 WIB
Vaksinasi bosteer di Pelabuhan Panjang Vaksinasi bosteer di Pelabuhan Panjang


PANJANG (BeritaTrans.com) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor KSOP Panjang gelar vaksinasi Covid-19 tahap lanjutan (Booster), Jumat (11/2/2022).

Kegiatan ini diikuti 200 pegawai dengan antusias, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), untuk menjalani vaksinasi Covid-19 tahap lanjutan (Boster).

Baca Juga:
Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Peserta Arus Balik Sepeda Motor Gratis dengan KM Dobonsolo Dilepas Dirlala

Selain pegawai KSOP Panjang, beberapa pegawai dari instansi maritim panjang juga turut mengikuti kegiatan vaksinasi covid-19 tahap lanjutan ini.

Antara lain General Manager PT Pelindo Regional II Panjang, Adi Sugiri beserta jajaran, General Manager PT Jasa Armada Indonesia, Dadan Ramdhan dan jajarannya, serta Kepala Pos Vessel Traffic Service (VTS) Panjang, Entris Sutrisna beserta jajaran. 

Baca Juga:
Indonesia Paparkan INSW di Sidang FAL ke-48 di Markas Besar IMO

Kepala KSOP Panjang Hendri Ginting dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi booster Covid-19 ini terselenggara berkat kerja sama antara Kantor KSOP Panjang dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Panjang, dengan menerjunkan sejumlah tim medis, tenaga kesehatan dan tenaga Vaksinator.

Menurutnya, tim yang dipimpin oleh dr. Johansyah ini bekerja sangat sigap dan cekatan. 

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

"Saya sangat mengapresiasi dan saya ucapkan banyak terima kasih atas kinerja tim medis," ujarnya.

Hendri berpendapat bahwa kegiatan yang diselenggarakan hari ini sangat bermanfaat, mengingat Pelabuhan Panjang merupakan Pelabuhan Internasional, tentunya banyak Kapal pembawa logistik dari berbagai negara dengan awak kapal yang berasal dari berbagai negara yang singgah di pelabuhan ini. 

Dengan demikian, para pegawai dan pekerja di pelabuhan memiliki kerentanan terpapar Covid-19. Oleh karena itu, dengan dilakukannya vaksinasi booster Covid-19 ini akan meningkatkan kekebalan kelompok tehadap serangan virus Covid-19.

Dia menambahkan, untuk memastikan para pegawai aman dari paparan virus Covid-19, pada hari ini juga dilakukan tes swap rapid antigen bagi seluruh pegawai. 

"Kami lakukan tes rapid antigen kepada seluruh pegawai, baik PNS maupun PPNPN, termasuk penjaga kantin. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh pegawai KSOP Panjang tebebas dari paparan Covid-19, dan jika ada yang terpapar maka akan segera diketahui dan dilakukan tindakan pemulihan kesehatan, baik melalui isolasi mandiri maupun mendapatkan rujukan," imbuhnya.

Semoga dengan dilakukannya kegiatan rapid antigen dan vaksin booster Covid-19 ini, kegiatan logistik di Pelabuhan Panjang akan semakin baik lagi, terutama dengan peningkatan kesehatan pegawai yang semakin prima, diharapkan semakin menunjang tugas pokok dan fungsi pegawai dalam melakukan pelayanan di Pelabuhan Panjang.

Sementara itu, dr. Johansyah selaku Koordinator UKLW KKP Panjang, menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi ke-3 Boster di KSOP Panjang, di mana dengan permintaan 200 orang yang akan dilakukan vaksinasi dan di sini sistemnya yaitu pintu pertama ada swab antigen, di mana hasil negatif akan lanjut pelaksanaan vaksinasi Bosternya tapi yang positif itu diedukasi untuk isolasi mandiri di rumah.

"Sampai hasilnya negatif baru kita berikan Boster berikutnya," ujarnya di sela-sela kegiatan berlangsung.

Untuk personel tim ada 19 orang terdiri dari medis, tiga orang dokter, 10 orang perawat dibantu dengan tenaga lainnya. (omy)