Ayo Penumpang KRL! Manfaatkan Kondisi Lengang di Akhir Pekan Sebelum Beraktivitas

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 20/Feb/2022 18:18 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pada pemberlakuan PPKM Level-3 di wilayah Jabodetabek hingga pekan ini, KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL mulai pukul 04.00-22.00 WIB. 

Lebih dari 4.000 petugas frontliner KAI Commuter baik di stasiun maupun di dalam KRL juga senantiasa mengingatkan penumpang KRL untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Hal itu disampaikan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad (20/2/2022). 

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Kamis 16 Mei 2024, Tarif Promo Rp 10.000 Berlaku di Jam Ini!

Anne menjelaskan, penumpang KRL juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin sebelum naik KRL, penggunaan masker ganda atau masker yang sesuai ketentuan, serta mengimbau pengguna untuk menjaga jarak baik di stasiun maupun di dalam KRL. 

"Untuk mencegah penularan virus, petugas dengan tegas akan melarang pengguna masuk area stasiun apabila tidak menerapkan protokol kesehatan," tagas Anne. 

Baca Juga:
Ada Ruang Parkir di Dekat Stasiun MRT Bundaran HI, Ini Rancangannya!

Untuk menjaga kebersihan, petugas di stasiun (On Station Cleaning) juga secara rutin membersihkan lokasi yang sering disinggahi pengguna. Begitu juga dengan petugas kebersihan di dalam KRL (On Trip Cleaning) dengan rutin membersihkan area yang banyak disentuh pengguna sehingga kebersihan tetap terjaga. 

Sejumlah aturan lainnya juga tetap berlaku dan diterapkan oleh petugas KAI Commuter, antara lain, anak balita dilarang naik KRL kecuali untuk keperluan medis. Pembatasan waktu bagi lansia untuk naik KRL hanya diperbolehkan pukul 10.00-14.00 WIB juga masih diberlakukan. 

Baca Juga:
Usai Libur Panjang, KAI Commuter Layani 500 Ribu Penumpang pada Awal Pekan Ini

"Untuk itu KAI Commuter memohon kerja sama dari seluruh pengguna untuk bersama mengikuti aturan tersebut," ujar Anne. 

Untuk diketahu, menurut data, selama bulan Februari 2022 rata-rata volume pengguna harian sebesar 366.180 penguna perharinya. Sedangkan volume rata-rata pengguna pada hari kerja sebesar 398.530 pengguna. Sementara volume rata-rata pengguna pada hari Sabtu dan Ahad yaitu sebesar 296.088 pengguna. Jumlah ini relatif stabil selama pemberlakuan PPKM Level 3 di Jakarta dan sekitarnya. 

Anne menjelaskan, mobilitas penumpang KRL masih terfokus di jam sibuk pagi yaitu pukul 06.00-08.00 WIB dan jam sibuk sore yaitu pukul 16.00-18.00 WIB. Hari Senin juga masih menjadi hari dengan volume pengguna tertinggi setiap pekannya. 

KAI Commuter mengimbau para penumpang dapat mengatur waktu perjalanannya. Pengguna dapat menggunakan KRL pada akhir pekan ini untuk dapat kembali ke lokasi aktivitasnya di hari-hari kerja 

Selain itu pengguna juga dapat merencanakan perjalanan dengan aplikasi KRL Access. Tersedia 309 perjalanan di jam sibuk pagi dan 241 perjalanan di jam sibuk sore. Sementara di luar waktu-waktu tersebut, perjalanan KRL cenderung sepi. KAI Commuter juga mengajak pengguna mengatur waktu perjalanannya dengan mengakses aplikasi KRL Access agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam KRL. Gunakan Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik bank untuk mengurangi penggunaan uang tunai dan mendukung upaya pemerintah dalam penerapan cashless society. (Fhm)