Tol Manado-Bitung Tuntas Dibangun

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 22/Feb/2022 01:20 WIB
Jalan Tol Manado-Bitung.(Dok. Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division) Jalan Tol Manado-Bitung.(Dok. Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) telah menuntaskan pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Danawodu-Bitung yang membentang 13,65 kilometer.

Dengan beroperasinya seksi terakhir dari ruas jalan tol sepanjang 39,9 kilometer ini, maka Tol Manado-Bitung telah siap beroperasi sepenuhnya. Seksi ini pun sekaligus tiga seksi sebelumnya sepanjang 26,35 kilometer yang sudah lebih dahulu dioperasikan pada tahun 2020 lalu. 

Baca Juga:
Mantap, Sebentar Lagi Manado-Bitung Cuma Butuh 30 Menit

Direktur Utama JMB Charles Lendra menjelaskan, tersambungnya seluruh ruas mulai dari Manado hingga Bitung akan semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Baca juga: Imbas Dibukanya Segmen Baru, Tol Manado-Bitung Dilintasi 44.000 Kendaraan “Dengan beroperasinya Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung ini, maka Tol Manado-Bitung telah siap untuk dioperasikan secara menyeluruh," terang Charles dalam siaran persnya, Senin (21/2/2022). Progres konstruksi untuk 2B sendiri telah mencapai 100 persen dan Uji Laik Fungsi (ULF) telah dilakukan pada awal Januari 2022.

Saat ini, Tol Manado-Bitung telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ketersambungan secara penuh Tol Manado-Bitung ini diharapkan mampu memberikan dampak positif pada peningkatan volume lalu lintas dengan mengacu pada tingkat kelayakan sesuai business plan (rencana bisnis) pada Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT). 

Baca Juga:
Tol Manado-Bitung Ditargetkan Tersambung Penuh Desember 2021

Jalan Tol Manado-Bitung akan memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Manado dan Bitung. “Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 1,5 jam, maka waktu tempuh melalui Tol Manado-Bitung hanya sekitar 30 menit saja. Sehingga, dapat menciptakan efisiensi mobilitas orang maupun barang,” ujar Charles. 

Secara keseluruhan, total panjang Tol Manado-Bitung adalah 39,9 kilometer yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang 14 kilometer yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung 25 kilometer yang dibangun JMB.(amt/sumber:kompas.com)