Jembatan Layang Kopo Ditargetkan Dipergunakan Saat Arus Mudik Lebaran

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 25/Feb/2022 17:57 WIB
Atasi Kemacetan, Jembatan Layang Kopo Ditargetkan Dipergunakan Saat Arus Mudik Lebaran Atasi Kemacetan, Jembatan Layang Kopo Ditargetkan Dipergunakan Saat Arus Mudik Lebaran

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Agar bisa mengatasi kemacetan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan pembangunan jembatan layang atau "Fly Over" Kopo selesai April 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, jalan layang yang melampaui dua persimpangan yang acapkali padat lalu-lintas itu ditargetkan bisa digunakan masyarakat  saat arus mudik Lebaran 2022.

"Diharapkan mulai bisa beroperasi atau digunakan oleh masyarakat itu saat Lebaran. Semoga dengan adanya jembatan layang ini bisa mengurai kemacetan di Kota Bandung," kata Ema di saat meninjau proyek itu di Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/2/2022).

Jembatan layang itu berada di Jalan Soekarno Hatta. Tepatnya dari mulai kawasan Pasar Caringin hingga sebelah timur Terminal Leuwipanjang sepanjang 1,7 kilometer.

Ema menjelaskan jembatan layang yang mulai dibangun sejak November 2020 itu pembangunannya sudah mencapai 80 persen.

Sejauh ini, jembatan layang itu sudah tersambung di kawasan Simpang Cibaduyut. Sedangkan untuk di Simpang Kopo, penyambungan jembatan layang itu masih berproses.

Meski begitu, masih ada beberapa persoalan yang perlu diselesaikan,  terkait pembangunan tersebut.

Salah satunya, kata dia, masih perlu ada pembebasan lahan milik warga yang berada di sekitar timur.

"Lahan ini milik masyarakat, sehingga perlu pembicaraan yang lebih lanjut. Saya akan minta camat untuk mengecek siapa pemiliknya, lalu kita komunikasikan dari awal," kata Ema.

Percepatan jembatan layang ini merupakan upaya Pemkot Bandung bersama Kementerian PUPR untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di ruas jalan yang menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. (tr/Sumber:ANTARA)