Mulai Jumat Kereta Kamandaka Relasi Cilacap-Semarang Tawang Beroperasi

  • Oleh : Taryani

Selasa, 08/Mar/2022 10:09 WIB
Ilustrasi salah satu rangkaian kereta api. (Ist.) Ilustrasi salah satu rangkaian kereta api. (Ist.)

PURWOKERTO (BeritaTrans.com) – Para pecinta kereta api khususnya di Jawa Tengah yang akan melakukan perjalanan dari Stasiun Cilacap-Semarang Tawang, mulai Jumat (11/3/2022) sudah bisa menggunakan jasa Kereta Api Kamandaka.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto segera mengoperasikan Kereta Api Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang dan sebaliknya mulai Jumat (11/3/2022).

Akan tetapi pada tahap awal, Kereta Kamandaka baru akan beroperasi pada tanggal 11-13 Maret 2022 dan 18-20 Maret 2022, dilansir dari Antara, Selasa (8/3/2022).

Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto,  Daniel Johannes Hutabarat menjelaskan, pengoperasian kereta tersebut bertujuan untuk mengakomodasi permintaan masyarakat yang selama ini menginginkan bepergian ke Semarang dan sekitarnya dengan menggunakan kereta api.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini, KAI terus berupaya untuk berinovasi dengan menghadirkan KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang PP agar dapat membantu konektivitas dan mobilitas masyarakat melalui transportasi kereta api,” jelas Kepala KAI Daop 5 Purwokerto.

Selain itu, pengoperasian Kereta Kamandaka juga ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, perluasan layanan dan menambah alternatif pilihan bepergian dengan menggunakan kereta api.

Sedangkan untuk layanan yang diberikan, Kereta Kamandaka akan diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pukul 13.55 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 20.22 WIB.

Pada rute keberangkatan ini, Kereta Kamandaka akan melayani penumpang di Stasiun Maos, Kroya, Puwokerto, Bumiayu, Prupuk, Slawi, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri dan Semarang Poncol.

Sementara untuk layanan dari Semarang Tawang-Cilacap, kereta akan diberangkatkan pada pukul 07.00 WIB dan akan tiba di Cilacap pada pukul 13.22 WIB.

Dalam perjalanan Semarang Tawang-Cilacap tersebut, Kereta Kamandaka akan melayani penumpang dari Stasiun Semarang Poncol, Weleri, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Slawi, Prupuk, Bumiayu, Purwokerto, Kroya dan Maos.

Daniel mengatakan Kereta Kamandaka baru akan melayani kelas layanan ekonomi premium dengan kereta stainless steel.

Adapun untuk tiket mulai dibanderol dari harga Rp 70.000 serta tarif khusus sebesar Rp 20.000 untuk tujuan Cilacap-Purwokerto PP yang dapat dilayani dua jam sebelum keberangkatan dan selama tempat duduk masih tersedia.

“Tiket KA tersebut sudah dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access dan kanal eksternal yang telah ditentukan,” tambah Daniel.

Daniel menambahkan, menjadikan kereta api sebagai moda transportsi yang sehat, selamat, aman dan nyaman sampai tujuan diwujudkan melalui komitmen KAI dalam menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketetapan yang berlaku. (tr/Sumber:Kompas.com)