STIP Gelar DPM Angkatan ll dan V di Wilayah Kabupaten Manggarai Barat NTB

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 16/Mar/2022 18:06 WIB
Foto:istimewa/instagram@stip_jakarta Foto:istimewa/instagram@stip_jakarta

Manggarai Barat (BeritaTrans.com) - Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan yang dihubungkan oleh laut yang membentang wajar saja jika rakyatnya banyak yang menggantungkan mata pencarian hidupnya dengan mengandalkan sumber daya alam (SDA) berupa lautan.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

Agar dapat mengelola dengan baik SDA tersebut maka dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, terampil dan berkarakter.

SDM yang unggul dapat diwujudkan salah satunya dengan program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP).

Baca Juga:
STIP Jakarta Buka Puasa Bersama Sekaligus Santuni Anak Yatim

Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Labuan Bajo Angkatan ll dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Manggarai Barat Ir. Martin Ban, S.T, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores Ibu Shana Fatina,  Kepala Dinas Perhubungan Labuan Bajo, dan KSOP Kelas Ill Labuan Bajo, Bapak Capt. Hasan Sadili, M.M., seluruh pegawai KSOP.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Diklat secara resmi dibuka oleh Ketua STIP yang diwakili oleh Pembantu Ketua l  Budi Purnomo, M.M.Tr dan pada Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Labuan Bajo Angkatan V dibuka oleh Pembantu Ketua |l  Capt. Abdur Rochman,M.M.

Kegiatan DPM di wilayah ini sudah dilaksanakan dua angkatan. Angkatan I diikuti oleh 200 Peserta berlangsung tanggal hingga 12 Maret 2022 dan angkatan ke II berlangsung 14 hingga 19 Maret 2022 dan diikuti oleh 200 Peserta.

Program DPM yang dilaksanakan adalah Basic Safety Training KLM dan SKK 60 Mil, dan dilaksanakan secara gratis. 

Mengutip sambutan Ketua STIP yang dibacakan oleh Puket 2,  menyampaikan, "Kegiatan ini merupakan salah satu bukti kehadiran dan perhatian pemerintah terhadap peningkatan Kompetensi Masyarakat Kabupaten  Manggarai Barat khususnya masyarakat Labuhan Bajo."

Dari pendidikan dan pelatihan ini diharapkan agar seluruh peserta dapat meningkatkan taraf hidup keluarganya.

Capt Hasan Sadili S.SiTM.MM.Mar selaku Kepala KSOP Labuhan Bajo menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPSDM Perhubungan khususnya STIP Jakarta yang telah memberikan kesempatan kepada para masyarakat Labuhan Bajo untuk dapat mengikuti diklat ini secara Gratis.(ahmad)