British Airways dan Virgin Atlantic Hapus Wajib Masker di Penerbangan

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 17/Mar/2022 06:41 WIB


LONDON (BeritaTrans.com) - British Airways dan Virgin Atlantic  mengatakan mereka mengikuti pedoman pemerintah untuk Inggris dan Irlandia Utara, di mana persyaratan hukum  mengenakan penutup wajah di transportasi umum dan ruang dalam ruangan telah dihapus.

Bebas masker hanya akan diizinkan pada penerbangan Virgin Atlantic dan British Airways tertentu. Itu karena setiap destinasi memiliki aturan dan undang-undang yang berbeda mengenai masker dan penerbangan.

Baca Juga:
Akibat Delay, Penumpang Kepanasan di Dalam Pesawat `Serasa Neraka`

"Kebijakan ini akan diperkenalkan secara bertahap, dimulai dengan layanan Karibia kami dari bandara Heathrow dan Manchester," bunyi pernyataan dari Corneel Koster, chief customer and operating officer Virgin.

 Virgin telah menerbitkan rincian lengkap tentang penerbangan bebas masker di situs webnya.

Baca Juga:
British Airways Rekrutmen Besar-Besaran: Tebar Bonus untuk Kru Kabin hingga Sopir Bus

Sementara itu, sebuah pernyataan dari chief operating officer British Airways Jason Mahoney mengatakan BA sedang "bekerja melalui" pembatasan lokal masing-masing tujuan dan persyaratan hukum.

BA menegaskan bahwa "pelanggan hanya akan diminta untuk mengenakan penutup wajah di dalam penerbangan kami jika tujuan yang mereka tuju mengharuskannya."

Baca Juga:
British Airways Terima Pesawat Kesebelas A350-1000

Namun, bukan berarti masker wajah bisa ditinggalkan di rumah saat bepergian ke Inggris.

Beberapa tujuan saat ini memerlukan masker untuk penerbangan masuk dan keluar - seperti AS, di mana mandat masker ditetapkan hingga setidaknya 18 April.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menetapkan bahwa pemakaian masker diperlukan "bepergian ke dalam, di dalam, atau keluar dari Amerika Serikat."

Virgin Atlantic mengatakan tujuan Delhi, Islamabad, Hong Kong, Johannesburg, Lahore, Lagos, Mumbai, Shanghai, dan Tel Aviv memiliki aturan serupa, yang berarti para pelancong harus terus mengenakan masker di dalam pesawat meskipun mereka bepergian dari tempat-tempat ini ke Inggris.

Karena aturan penutup wajah sekarang akan ditentukan oleh undang-undang khusus seputar penutup wajah di tujuan tertentu, ada potensi kebingungan di antara pelancong dan staf maskapai.

Menanggapi seorang penumpang yang bertanya tentang penggunaan masker dalam penerbangan ke dan dari Portugal, perwakilan BA di Twitter mengatakan: "Saya membayangkan Anda tidak perlu memakai masker dalam penerbangan ke Inggris, karena undang-undang Inggris tentang masker. Namun, ini belum dikomunikasikan."