Pabrik Kirim 13 Ribuan Unit Motor ke Diler

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 18/Mar/2022 10:53 WIB
Ilustrasi salah satu industri sepeda motor di Tanah Air. (Ist.) Ilustrasi salah satu industri sepeda motor di Tanah Air. (Ist.)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan roda dua yang banyak dimiliki keluarga di Indonesia.

Menurut data dari Korps Lalu Lintas Polri, saat ini jumlah kendaraan bermotor roda dua di Indonesia yang registrasinya masih aktif sebanyak lebih dari 118 juta unit.

Setiap tahun, lima pabrik motor di Tanah Air bisa mengirim 5-6 juta unit ke diler-diler mereka yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Namun, pada bulan lalu angkanya mengalami penurunan.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia atau AISI, Jumat (18/3/2022), pada tahun lalu industri kendaraan bermotor roda dua nasional terlihat mulai menunjukkan kebangkitan dari dampak pandemi.

AISI mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 38 persen dengan angka 5.057.516 unit di 2021, dibandingkan tahun sebelumnya.  Artinya, ada sekitar 421 ribu unit yang dikirim ke diler setiap bulannya.

Pada awal tahun ini, sebanyak 443.890 unit motor berbagai jenis dan tipe didistribusikan ke seluruh diler.

Namun di bulan berikutnya, jumlahnya turun 17 persen menjadi hanya 368.101 unit atau di bawah rata-rata pencapaian per bulan tahun lalu.

Apabila dihitung lebih detail, maka setiap hari di Februari ada 13 ribuan unit yang dikirim dari pabrik ke diler.

Sementara, pada Januari jumlahnya 14 ribuan unit.

Dari jumlah itu, sebanyak 87,9 persen merupakan kuda besi yang masuk ke dalam kategori skuter matik.

Sementara, pangsa pasar motor bebek hanya 5,95 persen dan motor sport 6,07 persen.

Terlihat ada sedikit pergeseran pangsa pasar dari Januari, di mana skuter matik tercatat 88,6 persen, motor bebek 5,5 persen serta motor sport 5,8 persen. (tr/Sumber:VIVA)