Mantap Nih! H-7 Lebaran 2022 Tol Cisumdawu Seksi 2 Akan Dibuka

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 22/Apr/2022 21:48 WIB
Ilustrasi jalan Tol Cisumdawu seksi 2 pada  H-7 Lebaran 2022 akan dibuka. (Ist.) Ilustrasi jalan Tol Cisumdawu seksi 2 pada H-7 Lebaran 2022 akan dibuka. (Ist.)

SUMEDANG (BeritaTrans.com) -  H-7 Lebaran 2022 jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 2 yang saat ini masih dalam pengerjaan akan dibuka sehingga bisa dilalui pemudik dari arah Cileunyi, Kabupaten Bandung hingga wilayah Sumedang Kota.

Dibukanya seksi 2 Tol Cisumdawu sebagai alternatif bagi pemudik. Meski ada satu titik longsor tetapi pihak kepolisian memastikan, jalan tol penghubung wilayah Bandung hingga Sumedang dapat digunakan sebagai alternatif apabila nantinya jalur Cadas Pangeran mengalami kepadatan kendaraan.

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, dari total 17 kilometer nantinya dibuka untuk pemudik ada 600 meter jalan yang masih belum dibeton.

Rencananya beton sementara akan dipasang agar dapat dilalui kendaraan kecil.

"Dari seksi 2 itu dari 17 kilometer ada 600 meter yang belum dibeton. Namun dari pihak pengelola tol itu menyampaikan bahwa mereka akan memberikan beton sementara untuk 600 meter, sehingga bisa dilalui kendaraan jenis sedan,” ujarnya.

Saat ini lanjutnya,  pembetonan sudah selesai sepanjang 350 meter. Diharapkan hari Minggu 600 meter tersebut sudah terbeton semua sehingga bisa dilalui, kata Eko, Jumat (22/4/22).

Eko menuturkan, Tol Cisumdawu sendiri belum diresmikan secara penuh. Sejak awal Januari 2022 baru seksi 1 Cileunyi hingga Pamulihan yang resmi digunakan dengan tarif Rp 11 ribu.

Sementara untuk seksi 2 rencananya akan diresmikan pada bulan Juli 2022 mendatang, karena masih terkendala adanya longsoran.

"Kalau dalam tahun-tahun lalu jalur utamanya hanya satu,  yakni jalur dari Jatinangor melalui Cadas Pangeran hingga ke timur ke wilayah Tomo,” katanya.

Namun, untuk lebaran kali ini, kita memiliki beberapa alternatif, untuk yang sudah resmi sendiri yang sudah diresmikan adalah Cisumdawu seksi 1, yakni ruas Jatinangor sampai pamulihan itu sudah berbayar.

Kepolisian mengimbau kepada pengguna jalan,  terutama pemudik yang nantinya akan melewati jalur Tol Cisumdawu diharapkan berhati-hati saat melintas seksi 2,  karena masih rawan longsor. (tr/Sumber:tvonenews.com)