Kapolda Pastikan Jalur Mudik di Jabar Siap Dilalui: Jalan-Lampu Bagus

  • Oleh : Dirham

Sabtu, 23/Apr/2022 16:27 WIB
Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana memastikan sarana dan prasarana di jalur mudik Jabar dalam kondisi baik. Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana memastikan sarana dan prasarana di jalur mudik Jabar dalam kondisi baik.

JAKARTA (BeritaTrans.com) -Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana mengatakan, telah mengecek jalur arteri dan jalan tol di area Jabar dalam rangka pengamanan mudik Lebaran 2022. Ia menegaskan, sarana dan prasarana di jalur mudik Jabar dalam kondisi baik.

"Alhamdulillah, jalannya bagus sekali dan lampu penerangan untuk malam hari juga bagus. Pos pam (pengamanan) dan pos terpadu tersedia," kata Suntana di Gedung Sate, Kota Bandung, Jabar, Jumat (22/4).

Suntana mengatakan, personel Polda Jabar pun siap mengamankan arus mudik Lebaran tahun ini. Ia mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan pengamanan di sejumlah fasilitas rekreasi, tempat istirahat, dan sentra vaksinasi sesuai arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Selain melaksanakan pelayanan pengamanan, sesuai dengan arahan gubernur, kami menyiapkan pula sentra vaksinasi di seluruh pos pam dan pos terpadu yang ada," ucapnya.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo, menyatakan, pihaknya menyiapkan 353 pos yang terdiri dari 239 pos pengamanan dan 74 pos pelayanan.

Ibrahim menyebutkan, di jalur tol disediakan 15 pos dan jalur arteri sebanyak 59 pos. Pos-pos ini nantinya difungsikan untuk melaksanakan pengamanan, pelayanan, serta kontrol, analisis, dan evaluasi arus mudik mudik Lebaran.

Di pos-pos tersebut ada petugas polisi, petugas kesehatan, hingga pemadam kebakaran. Pos juga menyediakan ruang bermain anak dan ruang baca untuk pemudik.

"Mudik kali ini agak berbeda dengan mudik dari tahun-tahun sebelumnya, di mana kami mengharapkan pemudik bukan saja menjadi objek akan tetapi juga menjadi subjek, dengan harapan pemudik bisa berkontribusi untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik," kata Ibrahim.

Adapun personel yang akan diturunkan di pos-pos tersebut sekitar 27.327 orang yang terdiri dari anggota polisi dan instansi terkait.(ds/sumber CNNIndonesia.com)