Bibit Siklon Tropis 92S Terpantau di Samudera Hindia: Ini Daerah Berpotensi Diterjang Badai, Hujan dan Angin Kencang

  • Oleh : Dirham

Senin, 30/Mei/2022 09:05 WIB
Diterjang badai. Diterjang badai.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan hasil pemantauan adanya Bibit Siklon Tropis 92S terpantau berada di Samudera Hindia Barat daya Banten, sehingga Indonesia bakal diterjang badai.

"Diperkirakan potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah," dikutip dari Instagram infobmkg, Minggu (29/5/2022).

Baca Juga:
Kapal Bawa Ratusan Penumpang Putar Balik Kemudi Usai Diterjang Badai

BMKG menganalisis bahwa Bibit Siklon Tropis 925 terpantau berada di Samudra Hindia barat daya Banten, tepatnya di 12.8°LU, 103.4° BT, bertekanan 1007.8 mb dengan kecepatan angin maksimum 20 knot bergerak perlahan ke arah tenggara.

BMKG pun memprediksikan adanya potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah.

Akibat Bibit Siklon Tropis 92S tersebut, hujan sedang hingga lebat dalam 24 jam ke depan akan mengguyur di beberapa daerah di antaranya Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Selain itu juga berdampak angin kencang pada beberapa daerah yakni Bengkulu, Lampung, Banten dan Jawa Barat.

Bibit Siklon Tropis 92S juga berdampak gelombang Laut Tinggi berkisar 1,25 hingga 2,5 meter di Selat Sunda bagian Utara. Dan 2,5 - 4.0 meter pada Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa Barat, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan Selatan dan perairan selatan Banten dan Jawa Barat. (ds/sumber Okenews.com)