Kartu Kredit Tokopedia Card Diluncurkan

  • Oleh : Taryani

Minggu, 05/Jun/2022 21:06 WIB
Tak hanya memudahkan pengguna berbelanja, Tokopedia Card juga bisa dipakai mengajukan aplikasi kartu kredit dan memantau pemakaian kartu kredit itu. (Foto: Dok.Tokopedia) Tak hanya memudahkan pengguna berbelanja, Tokopedia Card juga bisa dipakai mengajukan aplikasi kartu kredit dan memantau pemakaian kartu kredit itu. (Foto: Dok.Tokopedia)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tokopedia bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia atau BRI menghadirkan kartu kredit Tokopedia Card sebagai salah satu produk dan layanan keuangan digital terbaru.

SVP of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari mengatakan, Tokopedia Card akan melengkapi kebutuhan alat pembayaran bagi pengguna marketplace di seluruh Indonesia.

Tak hanya memudahkan pengguna saat berbelanja, Tokopedia Card juga bisa dipakai mengajukan aplikasi kartu kredit dan memantau pemakaian kartu kredit itu.

Menurut Vira, kolaborasi Tokopedia dengan BRI ini menjadi upaya agar masyarakat Indonesia memperoleh pengalaman berbelanja yang praktis.

"Hanya memerlukan KTP, pengguna bisa mengajukan Tokopedia Card secara mudah, cepat dan sepenuhnya secara online,” katanya.

Hal ini dimungkinkan karena proses tersebut memanfaatkan layanan penilaian kredit (credit scoring) Toko Score sehingga pengguna tidak memerlukan dokumen tambahan. Toko Score juga sudah digunakan oleh berbagai lembaga jasa keuangan terpercaya, termasuk BRI.

Nantinya, pengguna Tokopedia Card pengguna juga dapat mengakses layanan kartu kredit, seperti aktivasi kartu, mengecek detail transaksi, riwayat tagihan hingga memblokir kartu.

Pengguna dapat mengubah transaksi menjadi cicilan 0 persen hingga 12 bulan langsung dari aplikasi Tokopedia.

"Selain dapat digunakan untuk berbelanja di Tokopedia, Tokopedia Card juga dapat digunakan untuk semua transaksi di merchant offline di dalam dan luar negeri," kata Vira menambahkan.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengemukakan, kolaborasi yang terjalin terjadi atas kesamaan nilai yang diusung oleh Tokopedia dan BRI.

Sekaligus bukti bahwa lembaga perbankan dapat berkolaborasi dengan marketplace untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan dengan teknologi digital.

"Kerja sama ini menjadi bentuk dukungan berkelanjutan BRI terhadap misi pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan, salah satunya dengan meningkatkan transaksi nontunai," ungkapnya.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman menyambut baik peluncuran Tokopedia Card, yang dinilai akan semakin membuka akses serta meningkatkan penggunaan pembayaran digital di Indonesia.

Dia meyakini, Tokopedia Card adalah perwujudan Tokopedia, BRI, dan Visa untuk mendukung misi pemerintah menuju masyarakat nontunai.

Terlebih, pengguna Tokopedia juga dapat bertransaksi dengan kartu kredit di dalam maupun luar negeri di seluruh jaringan Visa baik secara online maupun transaksi offline di lebih dari 70 juta lokasi merchants di seluruh dunia.

"Consumer Payment Attitude Study terbaru Visa terhadap 1.000 responden di Indonesia menunjukkan bahwa 7 dari 10 konsumen telah menggunakan aplikasi atau website untuk berbelanja pertama kali sejak terjadinya pandemi,” ujarnya.

Data studi tersebut juga menunjukkan adanya peningkatan konsumen menggunakan kartu kredit mereka untuk berbelanja, baik secara online maupun secara tatap muka menggunakan fitur contactless.

Vira menjelaskan, Tokopedia Card didesain dengan unik. Dengan memindai atau scan QR yang ada di muka kartu, pengguna bisa langsung menemukan berbagai promo menarik, mengecek dan mengatur transaksi kartu melalui aplikasi Tokopedia. Inovasi ini membuat pengalaman pengguna menjadi lebih #PraktisAbis.

Selain itu, pengguna Tokopedia Card akan menikmati berbagai keuntungan, termasuk gratis biaya tahunan dengan syarat transaksi 3 kali per bulan, welcome bonus berupa GoPay Coins senilai hingga Rp500 ribu, cashback hingga Rp1,5 juta setiap bulan, hingga kemudahan memantau aktivitas penggunaan kartu dalam satu aplikasi.

Keuntungan pengguna Tokopedia Card pun mencakup bebas biaya layanan cicilan untuk transaksi cicilan 0 persen di Tokopedia.

Cicilan mulai dari 0 persen untuk pembelanjaan di luar Tokopedia, unlimited cashback 500 GoPay Coins untuk setiap transaksi kelipatan Rp100 ribu di semua merchant, baik merchant daring (e-commerce) ataupun merchant tatap muka (offline) di Indonesia dan mancanegara.

Setiap bertransaksi di restaurant, kafe, atau outlet makanan dan minuman di manapun, pemegang Tokopedia Card akan mendapatkan cashback hingga 50 persen berupa saldo kredit di billing berikutnya.

Maksimal akumulasi cashback adalah sebesar Rp100 ribu setiap bulan selama masa promosi.

Benefit lainnya adalah Buy 1 Get 1 Paket Super Besar 2 di Hoka-Hoka Bento, diskon Rp200 ribu berbelanja di Ace Hardware dan Informa, serta Special Price (nonton dan jajan) di XXI selama masa promosi dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Selaku marketplace terdepan di Indonesia, Vira menegaskan Tokopedia akan terus melanjutkan kolaborasi dengan BRI guna memenuhi kebutuhan masyarakat, serta mendorong literasi dan inklusi keuangan dalam negeri lewat pemanfaatan teknologi. (tr/Sumber:CNN Indonesia)