2 Jemaah Haji Indonesia Terjatuh dari Eskalator Masjidil Haram, Alami Patah Tulang

  • Oleh : Dirham

Selasa, 21/Jun/2022 10:51 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

MEKAH (BeritaTrans.com) – Dua orang jemaah haji Indonesia terjatuh dari eskalator di Majidil Haram, Mekah, Minggu 19 Juni 2022. Jemaah haji tersebut berasal dari SUB 2 dan JKG 9. 

Keduanya mengalami patah tulang pada tempurung lutut dan pergelangan tangan.  Dokter M. Rizal Novianto, dari tim Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (P3JH), mengungkapkan, kecelakaan tersebut menimpa beberapa orang, namun korban lain hanya mengalami luka-luka ringan. 

“Saat ada yang terjatuh di eskalator, tentu saja yang berada di belakang orang tersebut ikut terseret jatuh. Alhamdulillah yang lain hanya luka ringan”, kata dr. Rizal kepada tim MCH 2022.

Kedua jemaah tersebut selanjutnya dirujuk ke RS terdekat sebelum pada akhirnya di pindah ke KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia).

Tim P3JH menghimbau para jemaah haji agar waspada dan berhati-hati saat menaiki eskalator yang tersebar di lingkungan Masjidil Haram.  Potensi risiko ini meningkat seiring kebijakan otoritas Masjidil Haram yang hanya mengizinkan jemaah haji yang sedang umrah saja untuk memasuki lantai dasar.  

Sedangkan jemaah haji yang ingin melakukan salat fardu maupun tawaf sunnah akan diarahkan masuk di lantai 2. 

“Kami menghimbau, para jemaah haji untuk selalu berhati-hati dan waspada saat menaiki eskalator. Jaga keseimbangan dengan menapakkan kaki dan memegang handrail dengan benar, serta hindari turun dan naik eskalator secara bergerombol," jelas dr. Rizal dari P3JH. (ds/sumber Viva.co.id)