Yes, Bandara Kualanamu Menuju Hub Internasional

  • Oleh : Naomy

Kamis, 07/Jul/2022 16:31 WIB
Pengesahan kelolaan Bandara Kualanamu oleh Angkasa Pura Aviasi Pengesahan kelolaan Bandara Kualanamu oleh Angkasa Pura Aviasi

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Yes, Bandara Kualanamu Menuju Hub Internasional. Pengesahannya digelar di Sarinah, Windows of Indonesia, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga:
Kemenhub Tetapkan 17 Bandara Internasional

Sebagai bagian dari rangkaian acara, dilakukan penandatanganan dokumen operasional komersial Bandara Kualanamu oleh PT Angkasa Pura II (AP II) dan anak usahanya yakni PT Angkasa Pura Aviasi (APA).

Penandatanganan dilakukan oleh President Director AP II Muhammad Awaluddin dan President Director APA Ahmad Rifai. 

Baca Juga:
Menhub Sebut Pembangunan Bandara IKN Berjalan Sesuai Rencana

Sejalan dengan ini, Bandara Kualanamu secara resmi dikelola APA, yang mayoritas sahamnya dimiliki AP II. Turut menjadi pemegang saham di APA adalah konsorsium GMR Group (GMR dan Aeroport de Paris).

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut menyaksikan sesi penandatanganan dokumen operasional komersial Bandara Kualanamu.

Baca Juga:
Presiden Resmikan Bandara Panua Pohuwato Besok, Menhub Tinjau Kesiapannya Hari ini

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pengelolaan Bandara Kualanamu oleh APA ini merupakan bagian dari upaya melakukan perbaikan ekosistem transportasi, tidak hanya mobilitas manusia namun juga rantai pasok.

"Pengelolaan Bandara Kualanamu oleh APA, menjadikan Bandara Kualanamu sebagai hub internasional guna mendorong Sumatera Utara sebagai pusat pariwisata dan kargo," ungkapnya. 

Dia dan Menhub serius memperbaiki rantai pasok. 

"Kerja sama (di Bandara Kualanamu) adalah kerja sama yang kita tekankan bagaimana Sumatera Utara penting kita dorong sebagai pusat pertumbuhan baru ekonomi Indonesia," kata dia.

Menurut Erick, ini juga menjadi kesempatan Indonesia membangun market baru. 

Perdagangan selatan ke selatan sangat berpotensi. Kerja sama ini membuat kita punya akses langsung antara Indonesia dan India. Hubungan dagang Indonesia dengan India sangat bagus. 

"GMR India yang bekerjasama dengan AP II akan mendorong traffic lebih tinggi ke Indonesia. Sumatera Utara akan menjadi hub,” ujar dia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah kemitraan yang dilakukan AP II dengan APA. 

Menurutnya, melalui kemitraan ini diharapkan ke depannya  menjadikan Bandara Kualanamu lebih kompetitif dan menjadi hub internasional untuk mendukung Sumatera Utara sebagai pusat pariwisata dan kargo.

"Ini bentuk konsistensi pemerintah untuk melakukan pendanaan kreatif pada prasarana dan sarana yang dimiliki. Kita harus sebanyak mungkin mengajak partisipasi swasta bagi di luar maupun di dalam negeri untuk ikut membangun. Melalui kemitraan ini, kita ingin traffic (lalu lintas) penumpang maupun barang di Bandara Kualanamu ini semakin meningkat," ujar Menhub.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menuturkan pengelolaan Bandara Kualanamu oleh APA dapat mendukung perekonomian di Sumatera Utara. 

“Pembangunan Bandara Kualanamu akan menyerap banyak tenaga kerja. Bandara Kualanamu akan mendatangkan traffic internasional baru sebanyak-banyaknya untuk mengunjungi wilayah Sumatera Utara, mengunjungi tempat-tempat pariwisata di Sumut dan Insya Allah pasti membangkitkan ekonomi Sumatera Utara,” kata Wagub Sumut. (omy)