Kesaksian Korban Selamat Kapal Tenggelam di Perairan Amar, Dihantam Ombak Hingga Terlempar

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 09/Jul/2022 07:11 WIB
Andreas Ridwan May, salah satu korban selamat kapal tenggelam di Perairan Amar, Papua. Andreas Ridwan May, salah satu korban selamat kapal tenggelam di Perairan Amar, Papua.

TIMIKA (BeritaTrans.com) - Kapal Motor (KM) Usaha Baru tenggelam di Perairan Amar, Papua. Kapal tersebut membawa 18 penumpang, tujuh di antaranya selamat dan telah dievakuasi ke Timika. 

Andreas Ridwan May, salah satu korban selamat mengatakan, kejadian itu bermula ketika kapal menabrak tandusan disertai hantaman ombak dan gelombang hingga mereka terlempar ke luar kapal. 

Baca Juga:
Menhub Dorong Kolaborasi pada Layanan Angkutan Laut dan Logistik Meningkat

"Tabrak tandusan, kita yang selamat ini pun dihantam oleh gelombang akhirnya kita keluar dari kapal," ujar Andreas di Timika, Papua, Jumat (8/7/2022). 

Setelah terlempar keluar dari kapal, dia kemudian berenang ke daratan untuk menyelamatkan diri. Saat tiba di daratan, lanjut dia  bertemu dengan korban selamat lainnya. 

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Bimtek Terkait Perekrutan Awak Kapal

Menurutnya, para korban selamat berenang selama 3-5 jam untuk mencapai daratan. Dia mengungkapkan, beberapa jam kemudian dia dan yang lainnya bertemu nelayan sekitar yang tengah melintas. Mereka lalu meminta pertolongan dan selanjutnya dibawa ke permukiman warga. 

"Yang selamat ini ada yang mepakai jaket, ada yang pakai papan. (fh/sumber:inews)

Baca Juga:
Pemerintah Beri Kemudahan Operasional Kapal Wisata