Dukung Progam Pemerintah, BUMN BKI Kawal Pembangunan Pelabuhan dan Kapal

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 11/Agu/2022 13:56 WIB
Proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat. (Ilustrasi/Dok Kemenko Maritim) Proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat. (Ilustrasi/Dok Kemenko Maritim)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - BUMN PT Biro Klasifikasi Indonesia Persero (BKI) yang bergerak dalam bidang pemeriksaan berupa Klasifikasi dan Statutoria mendukung program Kementerian Perhubungan untuk pengembangan fasilitas di sektor transportasi laut dengan membangun kapal dan pelabuhan.

“BKI mendukung pembangunan sarana dan prasarana di sektor transportasi laut guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian di suatu wilayah sehingga menjadi lebih berkembang dan mandiri,” kata Kepala Cabang Madya Klas BKI Pontianak Muhamad Idi dalam keterangannya, Rabu (10/08/2022).

Baca Juga:
DLU Apresiasi Kelancaran dan Kesuksesan Angkutan Laut Lebaran

Oleh karena itu, kata Idi, BKI akan selalu hadir mendampingi Menteri Perhubungan melakukan peninjauan pembangunan kapal salah satunya saat pembangunan kapal perintis 2000 GT KM yang dibangun oleh galangan PT Steadfast Marine dengan sebutan Sabuk Nusantara 89 di Pontianak, Kalimantan Barat selasa kemarin.

Selain BKI, kunjungan Menteri Perhubungan RI juga didampingi oleh Inspektur Jenderal Kemenhub, Dirlala dan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Segera Perbarui Alur Pelayaran Masuk Pelabuhan Tarakan

Menurut Idi, pembangunan kapal ini merupakan salah satu bentuk nyata Pemerintah untuk hadir mempersatukan seluruh wilayah Indonesia dengan menyediakan sarana transportasi laut yang memadai yang salah satunya melalui pengadaan kapal perintis.

“Dengan pembangunan kapal ini, Pemerintah memberi kepercayaan kepada BKI dalam hal pengawasan pembangunan kapal sampai selesai dan berkomitmen pembangunan kapal selesai tepat waktu serta selalu memperhatikan aspek aspek keselamatan,” tuturnya. (fh/sumber:suara)

Baca Juga:
Rehabilitasi Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida Dianggarkan Tahun 2025