Lewat Tol Cikampek II Selatan, Jakarta-Bandung Terasa Dekat Tak Sampai 1 Jam

  • Oleh : Dirham

Rabu, 07/Sep/2022 10:26 WIB
Suasana proyek Tol Jakarta – Cikampek II Selatan di kawasan Sadang, Jawa Barat. Suasana proyek Tol Jakarta – Cikampek II Selatan di kawasan Sadang, Jawa Barat.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perjalanan dari Jakarta menuju Bandung bakal semakin cepat. Jika jalur tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan rampung.

Tol yang dirancang sepanjang 62 km ini memang tengah dipacu pembangunannya agar segera selesai dan bisa beroperasi. Dan diharapkan bisa menggurangi beban lalu lintas Jakarta-Cikampek saat ini.

Nantinya lewat tol Japek II Selatan ini, waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya sekitar 1 jam bahkan kurang.

"Ini menjadi pertemuan Jakarta dan Cipularang. Rencana kecepatan maksimum di sini 80 km per jam dan ini jaraknya 62 km. Jadi, sekitar 45 menit nyampe Jakarta-Bandung. Lebih cepat," ujar Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan, Bambang Sulistyo dikutip Rabu (7/9/2022).

Di mana, berdasarkan pengukuran via Google Maps, jarak pintu gerbang tol Jatiasih melalui jalur tol eksisting Jakarta-Cikampek sampai Sadang kurang lebih 72 kilometer.

Sedangkan jarak pada tol Japek II Selatan hanya 62 km dari SS Jatiasih STA0 + 000 - SS Sadang. STA 60+992 Artinya dengan melewati tol Japek II selatan ini bisa memangkas jarak perjalanan kurang lebih sampai 10 km.

Namun waktu tempuh kurang lebih 1 jam ini hanya menghitung perjalanan dari Jatiasih, Kota Bekasi, menuju wilayah Sadang, Purwakarta. Sedangkan untuk menuju Kota Bandung masih perlu menempuh perjalanan sekitar 50 kilometer lagi.

Nantinya dengan adanya tol ini kendaraan yang berasal dari kawasan BSD sampai Pondok Indah atau melalui tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR) ke Arah Bandung, tidak perlu masuk ke simpang Cikunir. melainkan sebelum Cikunir bisa langsung memutar ke kanan arah Jatiasih Bekasi, hingga tembus kawasan Sadang Purwakarta sejauh 62 km, lalu menuju Padalarang Bandung.

Proyek jalan tol Japek II Selatan ini diprediksi menelan investasi senilai Rp14,69 triliun dengan masa konsesi 35 tahun.

Jika sudah rampung, ruas tol ini akan memiliki 7 titik gerbang tol (GT). Yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Ditargetkan, pembangunan Japek 2 Selatan paket 3 dijadwalkan bisa beroperasi penuh di awal tahun 2023. Sedangkan, untuk untuk paket dipatok selesai pada 2024 dan 2028 mendatang.

Paket 1 dari Jati Asih-Setu Sta 0+00 sampai dengan Sta 9+300 sepanjang 9,3 kilometer yang meliputi wilayah kota Bekasi, dan Kabupaten Bogor, masih belum memulai konstruksi. Namun progres pembebasan lahan sudah mencapai 3,61% ditargetkan beroperasi pada Januari 2028 mendatang.

Paket 2 dari Setu-Taman Mekar Sta 9+300 sampai 34 - 150 sepanjang 24,85 km, yang meliputi wilayah kabupaten Bekasi, juga belum memulai konstruksi. Tapi progres pembebasan lahan sudah mencapai 54,63%, ditargetkan beroperasi pada Januari 2024 mendatang.

Paket 3 dari Taman Mekar menuju Sadang Sta 9 + 300 sampai dengan 34 + 150 sepanjang 24,85 km, meliputi wilayah Kabupaten Karawang, dan Purwakarta sudah hampir rampung. (ds/sumber CNBCIndonesia.com)