Cuaca Besok, Hujan dan Angin Kencang di Jabodetabek Siang Malam: Waspadai Gelombang Laut Tinggi

  • Oleh : Dirham

Rabu, 19/Okt/2022 13:11 WIB
Cuaca ekstrem diperkirakan hingga akhir Oktober. Cuaca ekstrem diperkirakan hingga akhir Oktober.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Cuaca berawan menyelimuti seluruh wilayah DKI Jakarta, pada Kamis pagi, 20 Oktober 2022. Sementara, hujan turun merata di setiap titik Ibu Kota siang hari dengan intensitas ringan hingga sedang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan menyebut kondisi tersebut berlangsung hingga malam dan berpotensi diselingi petir dan angin kencang. 

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jaksel, Jakbar, dan Jaktim pada sore dan menjelang malam hari," kata BMKG diperingatan dini cuaca, Rabu. 

Sementara, curah hujan lebat yang turun untuk wiilayah Bogor, Depok, dan Kota Bekasi diperkirakan terjadi pada siang hingga dini Kamis dini hari.  

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang hingga malam hingga dini hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi," jelas BMKG.

Namun, pagi hari cuaca cerah berawan menyelimuti ketiga kota penyangga Jakarta tersebut, terkecuali Tangerang yang diprediksi berawan. 

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota     Pagi      Siang     Malam 
 Jakarta Barat     Berawan     Hujan Ringan     Hujan Ringan
 Jakarta Pusat     Berawan     Hujan Ringan     Hujan Ringan
 Jakarta Selatan     Berawan     Hujan Ringan     Hujan Ringan
 Jakarta Timur     Berawan     Hujan Ringan     Hujan Ringan
 Jakarta Utara     Berawan     Hujan Ringan     Hujan Ringan
 Kepulauan Seribu     Berawan     Hujan Ringan     Hujan Sedang
 Bekasi     Cerah Berawan     Hujan Sedang     Hujan Ringan
Depok    Cerah Berawan    Hujan Sedang    Hujan Ringan
Bogor     Cerah Berawan    Hujan Lebat     Hujan Ringan
Tangerang     Berawan     Hujan Ringan     Hujan Ringan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan adanya potensi cuaca ekstrem terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia pada 15 hingga 21 Oktober 2022. Karena kondisi atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup kompleks dan dinamis untuk sepekan kedepan, yang dipengaruhi oleh fenomena atmosfer global, regional ataupun lokal.

"Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya Siklon Tropis SONCA di sekitar Laut China Selatan sebelah timur Vietnam, tepatnya di sekitar 14.2°LU 111.4°BT dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistem mencapai 35 knots (64 km/h) tekanan udara minimum di pusatnya mencapai 998 mb," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada wartawan, Sabtu (15/10/2022).

Dia menjelaskan, siklon Tropis SONCA ini bergerak ke arah barat-barat laut dengan kecepatan 6 knots (10 km/h) memasuki daratan Vietnam.

Keberadaan sistem TC SONCA ini membentuk pola belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktifitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian utara ekuator.

"Dampak tidak langsung yang terjadi dari adanya sistem bibit siklon tersebut adalah potensi hujan Sedang-Lebat yang disertai kilat/petir/angin kencang di wilayah Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat dengan potensi gelombang tinggi di wilayah perairan utara Indonesia," jelas Dwikorita

Sementara itu, beberapa gelombang ekuatorial masih cukup aktif di wilayah Indonesia, dimana fenomena Gelombang Kelvin, Rossby Ekuatorial, dan fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) masih dapat berkontribusi dalam meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksikan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 15 - 21 Oktober 2022 di wilayah sebagai berikut:

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Riau

4. Jambi

5. Kep. Riau

6. Sumatera Barat

7. Sumatera Selatan

8. Bangka Belitung

9. Bengkulu

10. Lampung

11. Banten

12. Jawa Barat

13. DKI Jakarta

14. Jawa Tengah

15. Jawa Timur

16. Bali

17. Nusa Tenggara Barat

18. Nusa Tenggara Timur

19. Kalimantan Barat

20. Kalimantan Timur

21. Kalimantan Utara

22. Sulawesi Selatan

23. Sulawesi Tenggara

24. Papua.
(ds/sumber Liputan6.com)