Bobby Nasution Realisasikan Bus Sekolah di Kelurahan Belawan Sicanang

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 27/Okt/2022 13:26 WIB
Wali Kota Medan Bobby merealisasikan janji berupa satu unit bus sekolah sebagai respons atas keluhan kaum ibu di Kelurahan Belawan Sicanang, Medan, yang kesulitan mengakses angkutan umum untuk anak bersekolah pada Rabu (26/10). (Foto: Pemkot Medan) Wali Kota Medan Bobby merealisasikan janji berupa satu unit bus sekolah sebagai respons atas keluhan kaum ibu di Kelurahan Belawan Sicanang, Medan, yang kesulitan mengakses angkutan umum untuk anak bersekolah pada Rabu (26/10). (Foto: Pemkot Medan)

Jakarta (BeritaTrans.com)  -- Wali Kota Medan Bobby merealisasikan janji berupa satu unit bus sekolah sebagai respons atas keluhan kaum ibu di Kelurahan Belawan Sicanang, Medan, yang kesulitan mengakses angkutan umum untuk anak bersekolah pada Rabu (26/10).

"Kami berharap dengan kehadiran bus sekolah ini, para orang tua dapat lebih merasa tenang saat anaknya berangkat dan pulang sekolah," kata Bobby saat melepas bus sekolah yang membawa anak-anak warga menuju sekolah dari Taman Lingkungan 12 Kelurahan Sicanang.

Bobby berharap, selain memperlancar akses anak warga sekolah, kehadiran bus sekolah ini juga dapat memotivasi dan menambah semangat para siswa bersekolah.

"Semoga ini dapat berdampak dengan peningkatan kualitas pendidikan anak-anak kita," katanya.

Sebelumnya, dalam dialog dengan warga pada Jumat (7/10), Bobby menyatakan akan berupaya mengatasi keluhan warga di Kelurahan Sicanang. Sambil mulai berkantor di Kecamatan Medan Belawan, Bobby dapat menyelesaikan keluhan secara satu persatu.

Saat keluhan yang disampaikan warga terkait kesulitan angkutan untuk anak sekolah, Bobby langsung merespons dengan meminta data terkait sekolah tujuan anak-anak warga Sicanang. Selang 19 hari kemudian, Bobby pun memenuhi janji dengan menghadirkan satu unit bus sekolah yang mengantar jemput secara gratis.

Adapun titik antar jemput anak sekolah ini berada di Simpang Sicanang Belawan - Lapangan Sicanang Lingkungan XII. Tak pelak, kehadiran bus sekolah ini disambut gembira oleh warga sekitar.

Tak hanya mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk ongkos angkutan, kehadiran bus sekolah diyakini semakin mempermudah dan memperlancar akses anak untuk pergi dan pulang sekolah.

Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis menjelaskan, bus sekolah ini beroperasi untuk membawa anak sekolah dari Kelurahan Sicanang hingga keluar. Setiap hari, kecuali hari libur, bus sekolah beroperasi mulai pukul 06.00-08.00 WIB, dilanjutkan pada siang dan sore hari untuk mengangkut anak-anak kembali ke rumah.

"Satu hari, bus sekolah beroperasi tiga kali, tapi bukan tiga trip. Sebab, bus sekolah beroperasi berkali-kali untuk membawa anak sekolah. Pagi bisa sampai empat kali, begitu juga dengan siang dan sore hari. Itu disesuaikan dengan kebutuhan anak sekolah yang akan dibawa. Kita harapkan kehadiran bus sekolah ini memberikan manfaat," ujar Iswar.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Kota Medan Laksamana Putra Siregar berharap agar bantuan bus sekolah itu dapat meningkatkan optimalisasi terhadap akses pendidikan di Kelurahan Sicanang, di mana secara perekonomian tidak berpengaruh kepada orang tua siswa terkait tarif angkutan.

"Kita harapkan nanti ke depan bisa dikembangkan kepada program-program di kecamatan lain yang ada sekolahnya namun kesulitan mengakses transportasi untuk sekolah. Tadi kita lihat respons dari orang tua, siswa dan guru-guru sangat antusias dan berterima kasih dengan bantuan dari Bapak Wali Kota tersebut. Sebab, kehadiran bus sekolah yang selama ini sangat mereka harapkan," papar Laksamana.
(ny/Sumber: CNNIndonesia)

Baca Juga:
Daftar 33 Rute Bus Sekolah di Jakarta Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas