4 Macam Kereta Api di Indonesia, Mau Liburan Naik yang Mana?

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 09/Des/2022 21:46 WIB
Macam kereta api di Indonesia. Macam kereta api di Indonesia.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Selain dibedakan dengan kelas, ada beberapa macam kereta api di Indonesia yang sebaiknya kita ketahui sebelum belanja tiketnya.

Dengan mengetahui macam kereta api sebelum belanja tiketnya, kita bisa menyesuaikan harga dan fasilitas yang diinginkan.

Baca Juga:
Siap-Siap Kunjungi KAI Expo 2023, Ada Diskon Tiket Kereta Sebanyak 73.500 untuk Berbagai Kelas

Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan kebutuhan untuk perjalanan jauh menggunakan kereta api sebelum belanja tiket.

Dilansir dari kompas.com, PT KAI, operator kereta api di Indonesia, punya beberapa kereta yang boleh dibilang jarang diketahui orang.

Baca Juga:
Kelas Kereta Api Gerbong Ekonomi dan Eksekutif Apa Bedanya?

KA Reguler tersebut biasanya memiliki beberapa kereta atau gerbong yang dikhususkan seperti kereta wisata, kereta luxury, dan kereta istimewa.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo mengatakan terdapat beberapa kereta atau gerbong yang jarang diketahui oleh wisatawan.

Baca Juga:
5 Nama, Rute dan Kelas Kereta Api Baru Mulai 1 Juni 2023, Tiketnya Sudah Bisa Dipesan Loh!

"Ada kereta sleeper untuk tidur, delapan kereta wisata, dan satu lagi kereta istimewa," ujar Edy.

Selain itu, Edy mengatakan penumpang juga bisa memesan satu kereta langsung ke tujuan yang dinginkan.

"KAI juga melayani pemesanan rombongan di mana bisa memesan satu kereta atau bahkan satu rangkaian untuk langsung ke titik-titik yang diinginkan," ujarnya.

Adapun ketika perjalanan kereta, penumpang juga bisa melakukan rapat, diskusi, reuni, gathering, ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya di kereta tersebut.

1. Kereta Sleeper

Kereta ini terdiri dari dua kereta sleeper yaitu Luxury 1 dan Luxury 2 dengan fasilitas masing-masing.

Fasilitas yang ada di kereta Luxury 1 di antaranya, AC, toilet, rak bagasi, universal port, layar hiburan sentuh, reclining seat hingga 170 derajat.

Tahun lalu, KAI merilis tiga kereta sleeper Luxury 1 yang dirangkaikan pada kereta Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi.

Sedangkan kereta Luxury 2 memiliki fasilitas seperti AC, toilet, rak bagasi, universal port, layar hiburan sentuh, reclining seat hingga 145 derajat.

Pada Mei 2019 lalu, kereta ini baru diluncurkan PT KAI yang dirangkaikan pada empat KA kelas eksekutif.

Ada KA Argo Lawu (rute Gambir-Solo Balapan PP), KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan PP), KA Taksaka (rute Gambir-Yogyakarta PP), dan KA Gajayana (rute Gambir-Malang PP).

2. Kereta Wisata

Penumpang yang ingin berwisata dengan banyak orang menggunakan kereta api dapat menjadikan kereta wisata sebagai pilihan.

Edy mengatakan saat ini PT KAI memiliki 8 kereta wisata dengan memiliki fasilitas seperti AC, Televisi, layar hiburan sentuh, audio video, toilet luas, mini bar, dan karaoke.

3. Kereta Lokal

PT KAI memiliki tiga kereta lokal yang dapat membantu mobilitas di satu daerah seperti Kereta Rel Listrik (KRL), Kereta Rel Diesel (KRD), dan LRT.

Kereta Rel Listrik atau KRL berada di rute sekitar Jabodetabek. Kereta ini memiliki kapasitas satu gerbong untuk 54 penumpang.

Sementara itu KRD memiliki kapasitas satu rangkaian terdiri empat gerbong yang dapat menampung penumpang hingga 200 orang.

Fasilitas yang ada di KRD yaitu AC, rak bagasi, toilet, universal port, tempat duduk disabilitas, lansia dan ibu hamil.

Kereta Lintas Rel Terpadu ini memiliki kapasitas tempat duduk hingga 130 penumpang dengan satu rangkaian terdiri dari 3 kereta.

Fasilitas dari LRT di antaranya AC, rak bagasi, tempat duduk disabilitas, lansia, dan ibu hamil.

4. Kereta Istimewa

Kereta satu ini cocok untuk melakukan rapat bisnis, reuni, event, dan rekreasi keluarga.

Kereta Istimewa tidak dirangkai dengan KA Reguler, dan bisa dipesan ke berbagai rute jarak menengah.

Berkapasitas 40 orang, kereta ini memiliki fasilitas di antaranya AC, ruang rapat, lounge, mini bar, stop kontak, karaoke, mushola, dan toilet.

Kereta ini baru diresmikan pada 28 September 2019 lalu tepat pada hari ulang tahun PT KAI ke-74.

Selain itu kereta ini juga terdiri dari dua gerbong yang berjenis KRD, yang salah satu gerbongnya memiliki meja panjang untuk kepentingan rapat.

Ada juga layar lebar, proyektor untuk presentasi, sofa duduk layaknya ruang tamu, dan dilengkapi dengan meja-meja yang lebih kecil untuk menampung grup kecil.

Sama seperti jenis kereta api biasanya, semua tiket untuk 4 kereta api ini juga bisa didapatkan dengan belanja di KAI Access.  (fhm/sumber:kompas)