Pistol Buatan PT Pindad, Nomor 2 Sering Dijadikan Cenderamata oleh Menhan Prabowo Subianto

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 06/Janu/2023 09:08 WIB
Menhan Prabowo Subianto memberikan cenderamata pistol G2 Elite buatan PT Pindad kepada KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo saat penetapan Komcad TNI di Lapangan Terbang Suparlan, Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung. Menhan Prabowo Subianto memberikan cenderamata pistol G2 Elite buatan PT Pindad kepada KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo saat penetapan Komcad TNI di Lapangan Terbang Suparlan, Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pindad sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri pertahanan telah memproduksi beragam jenis senjata. Salah satunya adalah pistol dengan beragam spesifikasi. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pistol diartikan sebagai senjata api genggam yang pendek dan kecil. Dalam mengoperasikannya senjata api ini bisa ditembakkan dengan satu tangan. 

Karena bentuknya yang kecil dan ringan, senjata ini juga bisa disembunyikan dalam pakaian. 

Pistol produksi PT Pindad terbagi dalam tiga tipe. Pertama, Pindad P1 merupakan pistol dengan sistem operasi single action yang menggunakan amunisi kaliber 9 mm. 

Pistol ini harus dikokang sebelum tarikan pelatuk bisa melepaskan peluru pertama. Tembakan selanjutnya cukup dengan menarik pelatuk.

Kedua, Pindad P2 yang merupakan pistol double action dengan amunisi sama dengan P1, yakni 9 mm. 

Pistol ini tidak perlu dikokang untuk dapat melepaskan tembakan pertama. Cukup menarik pelatuk, peluru pun meluncur ke arah sasaran. Ketiga, Pindad P3. 

Pistol ini sama dengan P2 tapi amunisinya kaliber 7,65 mm. 

Berikut ini pistol produksi PT Pindad dan spesifikasinya dikutip dari situs resmi Pindad: 

1. G2 Combat Kaliber 9 mm
 
Pistol G2 Combat yang menggunakan amunisi kaliber 9 x 19 mm ini digunakan luas oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI). Panjang larasnya 4,5 inci untuk memastikan akurasi yang baik. 

Senjata ini dapat diandalkan dalam berbagai situasi, termasuk pertempuan dalam jarak dekat. Spesifikasi - Kapasitas magasin: 15 putaran - Panjang laras: 4,5 inci - Berat: 0,90 Kg - Panjang keseluruhan: 200 mm - Tinggi: 136 mm - Operasi: single action, semiotomatis - Jangkauan Efektif: 25 meter 

2. G2 Elite Kaliber 9 mm

Sama dengan G2 Combat, Pistol G2 Elite juga menggunakan amunisi kaliber 9 x 19 mm. Hanya saja larasnya lebih panjang yakni 5 inchi, sehingga akurasi yang dihasilkan sangat mumpuni. 

Keunggulan lainnya, Pistol G2 Elite memiliki pisir belakang yang bisa disesuaikan (adjustable). Mengutip dari situs Kementerian Pertahanan, Pistol G2 Elite dijadikan cenderamata oleh Menhan Prabowo Subianto saat penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TNI di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Kamis, 8 September 2022. 

Cenderamata itu diberikan kepada tiga kepala staf TNI waktu itu, yakni KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAU Marsekal TNi Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana Yudo Margono. 

Prabowo juga pernah menghadiahkan pistol G2 Elite buatan Pindad kepada Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis HE Mrs Florence Parly saat berkunjung ke Kantor Kemhan pada 10 Februari 2022. 

Pistol berwarna putih berkelir emas itu bertuliskan Florence Parly Ministre des Armées di salah satu sisinya dan tulisan Pindad-Indonesia di sisi lainnya. 
"Karena Mrs Parly sudah pernah dihadiahi suvenir keris sebagai simbol senjata tradisional Indonesia, Pak Menhan kali ini menghadiahkan pistol G-Elite produk Pindad," kata Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak pada 13 Februari 2022. 

Spesifikasi - Kapasitas magasin: 15 putaran - Panjang Laras: 5 inci - Berat : 1+0,05 kg - Panjang keseluruhan : 221 mm - Tinggi : 139 mm - Jangkauan Efektif : 25 m - Operasi: single action, semiotomatis 

3. G2 Premium Kaliber 9 mm 

Senjata api genggam ini merupakan pengembangan dari sisi desain dan frame varian G2 lainnya. Fitur dan karakternya merupakan hasil pengembangan yang diperoleh dari masukan para penggunanya. 

Amunisi yang digunakan sama dengan varian G2 yakni 9 mm. Pistol G2 Premium diluncurkan pada 2016 silam. Direktur Komersial PT Pindad saat itu, Widjajanto mengungkapkan, psitol ini dikhususkan untuk atlet menembak. 

Saat diluncurkan, harganya dipatok Rp35 juta. Spesifikasi - Panjang keseluruhan: 222 mm - Panjang laras: 5 inci - Operasi: single action/double action, semiotomatis - Jangkauan efektif: 25 m - Kapasitas magasin: 15 putaran 

4. P-3A Kaliber 7,65 mm 

Senjata api ini merupakan varian terkecil dari jajaran pistol produksi PT Pindad dengan amunisi kaliber 7,65 x 17 mm. Pistol P-3A sengaja didesain untuk pertempuran jarak dekat dengan jangkauan efektif 25 meter.

Ukurannya yang kecil, membuat pistol ini dapat disembunyikan di balik pakaian tanpa mengganggu pergerakan penggunanya. Spesifikasi - Panjang Laras: 102 mm - Kapasitas magasin: 12 putaran - Berat: 794 gram - Operasi: double action - Jangkauan efektif: 25 meter 

5. MAG4

Pistol ini merupakan keluaran terbaru PT Pindad. Panjang larasnya lebih pendek dari varian G2, yakni hanya 4 inci. Senjata api ini didesain untuk penggunaan area jarak dekat. 

MAG 4 lebih mudah dioperasikan berkat bahan material yang lebih ringan dan mekanisme kokang lebih sederhana. Spesifikasi - Amunisi Kaliber: 9 x 19 mm - Panjang barel: 4 inci - Panjang keseluruhan: 180 mm - Berat: 0,9 kg - Operasi: single action, semiotomatis - Jangkauan efektif: 15 meter. (ds/sumber Sindonews.com)