Di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Ada Terowong Jalur Gajah

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 07/Janu/2023 09:34 WIB
Presiden Jokowi  melihat gajah-gajah berjalan di bawah ruas tol Pekanbaru-Dumai atau tepatnya di KM 12. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden) Presiden Jokowi melihat gajah-gajah berjalan di bawah ruas tol Pekanbaru-Dumai atau tepatnya di KM 12. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang telah resmi diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Jalan bebas hambatan sepanjang 30,9 km ini bagian Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS.

Namun ada yang menarik dalam jalan tol tersebut, salah satunya ada terowongan khusus hewan Gajah. Pasalnya, pembangunan jalan tol ini melintasi area konservasi gajah.

Menurut Menteri Erick Thohir, terowongan itu tersebut memang sengaja dibangun untuk perlintasan para gajah di area konservasi.

"Penting sekali kita dalam membangun infrastruktur, kita tetap menjaga alam. Karena ini karunia Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ujar Erick seperti dikutip dari Instagram Pribadinya, @erickthohir, Jumat (6/1/2022).

Erick Thohir menuturkan, Presiden Jokowi juga selalu mengingatkan pembangunan infrastruktur harus tetap menjaga kelestarian lingkungan di sekitar.

"Ini prinsip yang dipegang BUMN. @pertamina juga memantau gajah-gajah di wilayah konservasi, sedangkan @hutamakarya menyediakan terowongan untuk perlintasan para gajah," tulis dia.

Untuk diketahui, Jokowi mengungkapkan, sebanyak enam terowongan dibangung untuk perlintasan gajah di sepanjang jalan tol Pekanbaru-Bangkinang.

Sebelumnya, Kepala Negara juga berharap Tol Pekanbaru-Bangkinang yang menghabiskan anggaran sebesar Rp4,8 triliun dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru.

"Dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat," ujar Jokowi.(fh/sumber:inews)