Dongkrak Ekonomi Lokal, Gubernur Sulut Olly Sambut Penerbangan Garuda PP Narita Jepang ke Manado

  • Oleh : Dirham

Selasa, 07/Mar/2023 13:40 WIB
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey.  Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. 

MANADO (BeritaTrans.com) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyatakan, menyambut baik pengoperasian penerbangan Narita, Jepang - Manado oleh Garuda Indonesia yang dibuka mulai Kamis (2/3) lalu.

Olly menilai, jalur penerbangan tersebut akan memberi banyak manfaat terhadap masyarakat Sulawesi Utara, khususnya di Manado.

"Saya sebagai gubernur sangat berterima kasih atas keterlibatan semua stakeholder yang ada di Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara, dan support dari forum pimpinan daerah, dan seluruh masyarakat sehingga kegiatan ini bisa berlangsung," kata Olly.

Menurut Olly, jalur penerbangan yang beroperasi satu kali dalam satu minggu itu akan membuka lebar peluang perkembangan pariwisata Sulut. Para turis dari Jepang diharapkan memberi kontribusi dalam ekosistem pariwisata lokal, dan sebaliknya, warga Sulut kini lebih mudah mengunjungi Jepang.

Saat ini, Sulut disebut Olly tengah giat mempersiapkan diri, antara lain dengan perwujudan infrastruktur jalan, serta menghadirkan sarana dan prasarana dengan fasilitas terbaik seperti hotel di tepi pantai.

"Menjadi harapan besar bagi kita di Sulawesi Utara, orang Jepang banyak datang ke Sulawesi Utara untuk melihat pariwisata yang sangat, sangat bagus sehingga ekonomi di Sulut bisa meningkat," ujarnya.

Selain itu, Jepang diketahui merupakan salah satu negara pengimpor ikan tuna terbesar, yang juga adalah komoditas unggulan Manado. Penerbangan Manado-Narita pun diyakini dapat mendukung daya saing Manado dalam ekspor tuna.

Olly mengatakan, jalur penerbangan Manado-Narita akan mendukung pendistribusian ikan tuna jadi lebih cepat dan kompetitif.

"Tentunya juga bagi para eksportir tuna, yang tadinya sudah berhenti hampir tiga bulan lebih. Kalau dulu kita kirim harganya Rp30 ribu per kilo, skrg tinggal Rp19 ribu per kilo," kata Olly.

Jalur penerbangan Manado-Narita (pulang-pergi) menggunakan armada A330-300 yang memiliki kapasitas 251 penumpang, masing-masing 36 penumpang di kelas bisnis dan 215 penumpang di kelas ekonomi. Rute Manado-Narita dilayani setiap hari Kamis, sedangkan rute Narita-Manado dilayani pada setiap hari Selasa.

Penerbangan Manado-Narita dengan GA884 dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Sam Ratulangi pada pukul 02.10 WITA, dengan pendaratan di Bandara Internasional Narita, Tokyo pada pukul 08.40 LT.

Adapun penerbangan Narita-Manado dengan GA-885 dijadwalkan berangkat dari Narita dan pendaratan di Manado pada pukul 16.00 WITA. (ds/sumber CNNIndonesia.com)