Lokomotif Bersejarah di Meseum Transportasi Kelolaan PTDI-SSTD Dilakukan Perbaikan Tampilan

  • Oleh : Fahmi

Senin, 13/Mar/2023 12:30 WIB
Lokomotif C30011 di Museum Transportasi TMII dilakukan pengawetan oleh komunitas.  Lokomotif C30011 di Museum Transportasi TMII dilakukan pengawetan oleh komunitas.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perbaikan tampilan atau preservasi Lokomotif C 300 11 di komplek Museum Transportasi TMII telah selesai dilaksanakan oleh Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) bersama taruna-taruni.

"Semoga dengan perbaikan tampilan Lokomotif Legendaris C 300 11 oleh IRPS dapat menambah wawasan dan pengetahuan di bidang perkeretaapian," ujar Direktur Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD) Ahmad Yani, Sabtu (11/3/2023).

Perbaikan Lokomotif bersejarah tersebut terlaksana atas kerjasama Kementerian Perhubungan dengan IRPS dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga PTDI-STTD.

Lokomotif C 300 11 yang dipreservasi tersebut merupakan salah satu dari dua lokomotif C 300 yang terdapat di Museum Transportasi TMII. Sejak didatangkan pertama kali ke Indonesia pada tahun 1957, lokomotif seri ini memiliki peran vital dalam perkeretaapian Indonesia, khususnya untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya. Pada saat sudah tidak aktif berdinas, lokomotif ini disimpan di Depo Lokomotif Tanah Abang sebelum dipindahkan ke Museum Transportasi TMII.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal, Direksi KAI, Direktur PTDI-STTD dan Ketua IRPS serta Para Pecinta Kereta Api.

Kini masyarakat yang ingin melihat dan mengetahui langsung sejarah kereta api bisa mendatangi museum kelolaan PTDI-STTD, Museum Transportasi Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMIII). (fhm)