Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Minta Jajarannya Layani Maksimal Pemudik Lebaran

  • Oleh : Dirham

Selasa, 14/Mar/2023 14:48 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Rakernis Korlantas Polri 2023 di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/3/2023).  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Rakernis Korlantas Polri 2023 di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/3/2023). 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajarannya untuk bersiap-siap mengamankan momen Lebaran 2023 dengan maksimal. Sigit mengutip prediksi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi soal jumlah pemudik tahun ini yang mencapai 123 juta orang.

"Sebentar lagi kita akan masuk Hari Raya Idul Fitri. Dan Pak Menhub kemarin sudah sampaikan hasil survei tahun 2023 ini jumlah pemudiknya lebih besar. Kalau tahun lalu 85 jutaan, tahun ini kurang lebih 123 juta yang mudik," terang Sigit usai membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Korlantas Polri di Bandung, Jawa Barat (Jabar), Selasa (14/3/2023).

"Tentu kita bisa membayangkan bagaimana kalau rekayasa lalu lintas yang kita persiapkan ke depan tidak kita laksanakan maksimal," imbuh dia.

Sigit menilai pengalaman pengamanan mudik 2022 berjalan baik. Dia yakin jika strategi pengamanan mudik disiapkan jauh hari dan sudah matang, maka hasilnya akan maksimal.

"Pengalaman kemarin mudik di 2022, tadinya kami perkirakan bahwa akan terjadi kemacetan luar biasa. Alhamdulillah, bisa kita atasi. Harapan kita di 2023, dengan kordinasi lebih awal dengan seluruh stakeholders terkait,"terang Sigit.

"Kami lakukan pengecekan, survei di lapangan terkait jalur mudik yang akan digunakan, dan kemudian melakukan rakor terkait dengan rekayasa-rekayasa yang sudah disiapkan." tutur mantan Kabareskrim Polri ini.

Sigit menekankan pemudik yang menempuh perjalanan ke kampung halaman, baik via jalan tol dan jalan arteri, harus merasakan nyaman. Khususnya, lanjut Sigit, masyarakat dapat merasakan layanan kepolisian.

"Intinya baik pemudik yang menggunakan jalur tol, maupun jalur arteri, semuanya harus merasakan pelayanan yang maksimal, khususnya dari jajaran kepolisian," pungkas dia. (ds/sumber Detik.com)