Pendaftaran Mudik Lebaran Gratis Ditjen Hubdat Bakal Dibuka lagi, Begini Cara Daftarnya

  • Oleh : Redaksi

Senin, 27/Mar/2023 14:45 WIB
Foto:Ilustrasi masyarakat mudik naik bus. Foto:Ilustrasi masyarakat mudik naik bus.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kemenhub akan kembali membuka pendaftaran program Mudik Gratis Lebaran 2023 melalui jalur darat alias menggunakan bus.

Pendaftaran program mudik gratis ini sempat ditutup setelah kuota terpenuhi.

Baca Juga:
Mudik Gratis 2024 Jalur Darat, Laut dan Kereta Api, Simak Jadwal Daftar di Sini!

Menurut Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto, pendaftaran mudik gratis dibuka kembali lantaran banyak pendaftar yang tidak melakukan validasi hingga batas waktu yang telah ditentukan.

"Kami akan buka kembali supaya masyarakat bisa mempergunakan fasilitas yang disiapkan Kementerian Perhubungan. Segera kami umumkan," kata Suharto beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Terminal Giwangan Yogyakarta Layani Masyarakat Mudik Gratis Program Kemenhub

Masyarakat yang telah mendaftar online sebelumnya diminta melakukan validasi ulang di posko yang sudah ditentukan maksimal tujuh hari setelah pendaftaran. Jika validasi tidak dilaksanakan, pendaftaran dianggap batal.

Validasi ulang Mudik Gratis Kemenhub bisa dilakukan pada pukul 08.00-16.00 WIB di lima lokasi, yakni GOR Bulungan Jakarta, Terminal Margonda Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Kantor Dinas Perhubungan Tangerang, dan Terminal Kayuringin Bekasi.

Baca Juga:
Catat! Ini Cara Daftar Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub

Adapun bagi pendaftar baru program Mudik Gratis Lebaran 2023 Kemenhub, bisa mengecek aplikasi MitraDarat secara berkala. Kuota peserta yang tidak melakukan validasi ulang akan otomatis masuk kembali ke sistem MitraDarat.(fhm)