Yes, Rute Penerbangan Selandia Baru-Indonesia Kembali Dibuka

  • Oleh : Naomy

Selasa, 04/Apr/2023 12:09 WIB
Penerbangan Indonesia-Selandia Baru Penerbangan Indonesia-Selandia Baru

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik dan mengumumkan maskapai penerbangan Air New Zealand membuka kembali rute penerbangan Selandia Baru-Indonesia.

Dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan rute penerbangan Auckland-Denpasar PP ini telah beroperasi kembali mulai 29 Maret 2023 dengan mengangkut 255 penumpang. 

Baca Juga:
Kemeparekraf dan Qantas Airways Kolaborasi Promosikan Wonderful Indonesia di Sydney

"Penerbangan ini nantinya akan beroperasi tiga kali sepekan, yaitu pada setiap Rabu, Jumat, dan Minggu," kata Sandiaga.

Wisatawan mancanegara asal Selandia Baru menurutnya berkualitas. Mereka selalu memberikan dampak positif terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif kita dengan lama tinggal yang panjang dan belanja yang besar.

Baca Juga:
Dukung Kolaborasi Garuda dan Pokemon, Menparekraf: Hadirkan Pengalaman Terbang Unik

Dia menjelaskan, wisman asal Selandia Baru ini memiliki durasi tinggal atau length of stay mencapai 10,3 hari dan rata-rata pengeluaran mereka di Indonesia mencapai angka 1.376 dolar AS/pax. 

"Ini setara dengan wisman asal Eropa," ujarnya.

Baca Juga:
Relawan Aeroscue Raksa Dirgantara, Bantu Hadapi Bencana Hasil dari Pantauan Udara

Sandiaga mengungkapkan, Selandia Baru merupakan salah satu pasar yang potensial bagi sektor parekraf, karena sebelum pandemi Covid-19, ada lebih dari 131 ribu wisatawan asal Selandia Baru yang berkunjung ke Indonesia.

"Kami targetkan dalam 2-3 tahun ke depan mampu menarik 150 ribu kunjungan wisatawan New Zealand," tutur Sandiaga.

Dalam kesempatan ini Sandiaga juga mengatakan ada sejumlah rute penerbangan internasional menuju Indonesia yang akan dibuka. 

Rute-rute penerbangan tersebut adalah Air Asia Jakarta-Pnom Penh yang akan dibuka pada 19 April 2023 dan Trans Nusa rute Jakarta-Kuala Lumpur pada 14 April 2023.

"Saat ini rute (penerbangan) yang sudah terbuka adalah Sri Lanka Airlines Jakarta-Colombo (yang beroperasi) tujuh kali sepekan dengan (jumlah penumpang) 2.000 seats setiap pekannya. 

Tahun ini juga direncanakan akan dibuka penerbangan langsung antara Indonesia-India oleh maskapai Indi Go India dengan rute Mumbai-
Jakarta dan Hyderabad-Kualanamu," katanya. (omy)