Antisipasi Kepadatan Kendaraan saat Libur Panjang, Polresta Bogor Kota Siagakan 87 Personel

  • Oleh : Bondan

Kamis, 06/Apr/2023 23:15 WIB
Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria. Foto: istimewa. Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria. Foto: istimewa.

BOGOR (BeritaTrans.com) -- Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat menyiagakan 87 personel lalu lintas saat libur panjang yang bertepatan dengan Jumat Agung peringatan wafatnya Isa Almasih dan Paskah 2023.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Rabu, mengatakan dalam mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat peringatan Jumat Agung dan libur panjang, pada Jumat (7/4/2023) hingga Minggu (9/7/2023), sebanyak 87 personel lantas akan bersiaga di lima titik pusat wisata dan tiga pintu masuk serta keluar tol di wilayahnya.

“Kami jajaran Lantas Polresta Bogor Kota, atas perintah dari Bapak Kapolresta siaga dalam menghadapi long week end antisipasi kepadatan. Kami terjunkan 87 Personel terbagi dalam siaga Alfa Bravo, pagi – sore untuk mengantisipasi kepadatan arus (kendaraan),” jelasnya.

Ia menyebutkan personel akan bersiaga di Pintu Kebun Raya Bogor, Jalur Kuliner Pajajaran, Wisata Kuntum wilayah Tajur, BNR, wisata The jungle waterpark dan akses keluar masuk tol.

Sementara, kata Galih, untuk rekayasa lalu lintas pada kondisi lalu lintas lancar, seluruh personel melakukan penjagaan dan pengaturan (gatur) kelancaran laju kendaraan.

Pada kondisi padat di seputaran sistem satu arah (SSA) maka petugas lalu lintas akan mulai mengalihkan pintu keluar tol Bogor dibelokkan ke kiri arah Masjid Raya, sehingga mengurangi kepadatan di Otista – Juanda – Sempur.

Selanjutnya, jika kondisi kepadatan lalu lintas kendaraan yang berlebih, maka Satlantas akan mengalihkan jalur yang masuk ke Kota Bogor melalui Tol Bogor ke Pintu tol Borr atau Pintu Tol Bogor Selatan.

Kompol Galih menyampaikan Indikator pengalihan arus lalu lintas yakni akan ada tiga bendera berwarna yang dipasang di pintu keluar tol Bogor, CCTV, informasi petugas dan informasi dari masyarakat.

Peningkatan arus lalu lintas diprediksi terjadi mulai hari Jumat hingga Sabtu, sementara hari Minggu penurunan jumlah kendaraan masuk dan peningkatan jumlah kendaraan keluar.

“Kendaraan meningkat diprediksi pagi dan sore. Sifatnya kami memperlancar arus, memberikan pelayanan bagi masyarakat yang akan masuk dan keluar Bogor Kota, tidak ada ganjil genap, tidak ada penutupan arus,” kata Kompol Galih. (Dan)