Jasa Marga Berikan Diskon Tarif Jalan Tol untuk Arus Mudik Lebaran

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 08/Apr/2023 05:15 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mudik lewat jalan tol dapat menjadi pilihan alternatif yang tepat untuk para pemudik dalam perjalanan kembali ke kampung halaman. Terutama pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran, ketika lalu lintas di jalur-jalur utama cenderung padat.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sebagai salah satu perusahaan jasa tol di Indonesia, memberikan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek bagi pemudik yang ingin menggunakan jalan tol dalam perjalanan mudik mereka.

Baca Juga:
Tarif Tol Gempol-Pandaan Naik Mulai Hari Ini

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, menjelaskan bahwa pemberlakuan diskon tarif tol bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas serta memberikan pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol.

Potongan harga tersebut hanya berlaku di Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, serta Gerbang Tol Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang.

Baca Juga:
Tarif Tol di Aceh saat Arus Mudik Lebaran, Ada 2 Ruas Masih Gratis Loh Gais...!

Namun, Subakti menekankan bahwa diskon tidak diberikan pada waktu-waktu tertentu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik.

“Tujuannya mencegah penumpukan kendaraan di jalur tol, serta memastikan lalu lintas bisa terdistribusi dengan baik,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 6 April 2023.

Baca Juga:
Berberapa Ruas Jalan Tol Alami Kenaikan Tarif Jelang Lebaran 2024, Ini Rinciannya!

Jasa Marga memprediksi bahwa puncak arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Km 66) akan terjadi pada H-3 atau pada Rabu, 19 April 2023, dan puncak arus balik terjadi pada H+2 atau pada Selasa, 25 April 2023.

Periode pemberlakuan diskon tarif tol 20% di Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan berlangsung pada Minggu 16 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Selasa 18 April 2023 pukul 06.00 WIB untuk arus mudik.

Sementara untuk arus balik, waktunya mulai Kamis 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu 29 April 2023 pukul 06.00 WIB. Besaran diskon tarif tol 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek berbeda untuk setiap golongan kendaraan.

Dalam perjalanan mudik lewat jalan tol, para pemudik perlu menghindari waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik serta waktu-waktu favorit seperti setelah sahur atau berbuka puasa.

Pengguna kendaraan diimbau mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan, serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Jangan berlama-lama di rest area, dan selalu menerapkan protokol kesehatan. (Fhm)