4.000 Kendaraan Menyeberang dari Merak ke Bakauheni

  • Oleh : Bondan

Sabtu, 15/Apr/2023 12:00 WIB
Pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung mulai memadati Pelabuhan Merak, Banten pada Jumat (14/4/2023), malam. Foto: istimewa. Pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung mulai memadati Pelabuhan Merak, Banten pada Jumat (14/4/2023), malam. Foto: istimewa.

BANTEN (BeritaTrans.com) -- Pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung mulai memadati Pelabuhan Merak, Banten pada Jumat (14/4/2023), malam. Kepadatan tersebut terpantau sepekan menjelang lebaran tahun 2023.

Kepadatan kendaraan pemudik di depan pintu masuk dermaga eksekutif Pelabuhan Merak mulai terlihat sekira pukul 21.30 WIB. Bahkan, peningkatan volumen kendaraan pribadi telah terjadi sejak pagi hingga sore tadi. Merujuk pada data terbaru yang dirilis PT ASDP Merak pada hari ini, tercatat sudah ada 4.000 kendaraan yang menyeberang menggunakan armada transportasi laut.

Baca Juga:
Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2024, Pangkalan PLP Tanjung Priok Ditjen Hubla Kemenhub Kerahkan Armada Patroli di Perairan Indonesia

Sedangkan, arus mudik di pelabuhan merak diprediksi akan mencapai puncaknya pada H-4 hingga H-2 lebaran. Sementara itu, untuk mengurangi beban kendaraan di Pelabuhan Merak, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka jalur penyeberangan baru lewat Pelabuhan Ciwandan.

Adapun, Pelabuhan Ciwandan akan mulai beroperasi melayani pemudik yang menggunakan sepeda motor tujuan Sumatera pada Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga:
Menhub Pesan Agar ASDP Prioritaskan Layanan dengan Kapal Berkapasitas Besar

Selain itu, Pelabuhan Ciwandan juga akan menjadi tempat penyeberangan bagi truk-truk besar yang mengangkut logistik. (Dan)

Baca Juga:
Naik Angkutan Penyeberangan, Dirjen Hubdat: Pemudik Wajib Bertiket Maksimum H-1 Keberangkatan