Saldo Kartu Tol Habis di Tengah Jalan? Ini 4 Cara Cepat Isi Ulang

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 19/Apr/2023 05:50 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kartu e-Toll merupakan salah satu barang wajib yang dibawa oleh pengendara. Pasalnya, sejak tahun 2017 transaksi di gardu tol sudah dilakukan secara non-tunai.

Namun, ada saja kendala yang dihadapi seperti saldo e-Toll habis atau kurang saat ingin melakukan tapping pembayaran di gerbang tol. Kalau sudah begini jangan panik karena terdapat beberapa langkah untuk mengantisipasi kendala tersebut.

Berikut langkah-langkahnya

1. Pengendara dapat menekan tombol bantuan yang terletak di gardu tempat pembayaran. Dengan menekan tombol bantuan tersebut, petugas akan datang membantu.

2. Pengendara dapat langsung meminta bantuan petugas di sekitar gerbang tol dan menjelaskan kepada petugas bahwa saldo e-Toll tidak mencukupi, lalu ikuti arahan petugas tersebut. Nantinya kartu akan diisi ulang secara langsung atau diminta untuk membayar secara tunai dan diarahkan untuk mengisi di rest area terdekat.

Terdapat beberapa gardu yang dapat melayani isi ulang uang elektronik yaitu:

-Gerbang tol Bekasi barat 1
-Gerbang tol Cengkareng
-Gerbang tol Cililitan
-Gerbang tol Meruya
-Gerbang tol Pondok gede timur 1
-Gerbang tol Pondok ranji (arah Serpong)
-Gerbang tol Pondok ranji (arah Jakarta)
-Gerbang tol Cibubur
-Gerbang tol Cibubur 2
-Gerbang tol Halim
-Gerbang tol Kapuk
-Gerbang tol Kunciran 1
-Gerbang tol Kunciran 2

3. Pengendara melakukan Top Up saldo e-Toll dengan aplikasi mobile banking di ponsel sesuai bank provider pada e-Toll yang digunakan.

4. Pengendara dapat mengisi di rest area terdekat atau gerai minimarket yang tersedia di sana.

Sebagai catatan, jika saldo e-Toll tidak cukup pada gerbang tol sistem transaksi tertutup, pengendara jangan mengganti kartu yang berbeda dari saat masuk dan keluar karena dianggap menerobos dan dikenakan denda sebesar 2x tarif terjauh di ruas yang sama.

Selain itu, pastikan sebelum melakukan perjalanan Anda melakukan pengecekan saldo kartu tol dan tarif tol dari lokasi asal sampai tujuan menggunakan aplikasi BPJT Info Tol yang dapat diunduh di smartphone masing-masing.(fhm)