Jelang Idul Fitri, Pelindo Multi Terminal Komitmen Kawal Kelancaran Arus Logistik

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 21/Apr/2023 17:30 WIB


MEDAN (BeritaTrans.com) - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), sebagai Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), terus berkomitmen untuk mengawal kelancaran logistik Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sembako masyarakat dan bahan pangan menyambut momen Idul Fitri 1444 H/2023.

Baca Juga:
Dukung Ekonomi & Pariwisata, SPMT Layani Kapal Pesiar Sandar di 3 Pelabuhan

Hal ini diwujudkan lewat pelayanan bongkar muat sembako seperti beras, soya beans, minyak sawit, kedelai hingga hewan ternak di seluruh Branch SPMT yang tersebar di seluruh Indonesia. 

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan logistik selama periode Ramadhan menjelang Idul Fitri 1444H/2023, sepanjang periode Maret-April 2023, pelayanan bongkar muat berlangsung di seluruh Branch SPMT.

Baca Juga:
Pelindo Multi Terminal Berangkatkan 400 Pemudik dari Medan

Antara lain di Branch Belawan berupa layanan bongkar muat sejumlah 53.650 MT gandum dan 67.100 MT soya bean, lalu bongkar muat 1.100 ekor sapi di Branch Trisakti yang berlokasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pelayanan bongkar muat sembako petikemas sebanyak delapan (8) kapal di Branch Bumiharjo yang berada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Sementara Branch Balikpapan yang berada di pesisir timur Pulau Kalimantan, melayani bongkar muat sembako yang didatangkan melalui kapal Roro Penumpang dalam satuan unit. Begitu juga dengan Branch Tanjung Intan yang berada di pantai selatan Pulau Jawa yang melayani bongkar muat komoditi gandum, raw sugar dan kedelai.

Baca Juga:
Pelindo Sebut Pelabuhan Lembar Catat Kinerja Positif di 2024

"Termasuk juga Branch Jamrud yang berada di area Pelabuhan Tanjung Perak, pelabuhan utama yang berada di Surabaya, Jawa Timur juga melayani kebutuhan pangan berupa jagung sebanyak 13.286 MT, gandum 62.960 MT, kedelai 13.518 MT dan raw sugar sebanyak 25.000 MT," sebut Fiona. 

Bukan itu saja, di Branch Dumai yang berada di Riau juga memberikan pelayanan bongkar muat 105.000 MT sembako. Terakhir, pelayanan bongkar muat 3.400 MT minyak sawit di Branch Makassar.

Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) yang fokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas/multipurpose. SPMT dalam kegiatan operasionalnya mengelola 10 Branch yang tersebar di wilayah Sumatera yaitu di Belawan dan Dumai, pulau Jawa seperti Jamrud Nilam Mirah, Tanjung Intan, Tanjung Wangi, di Kalimantan yaitu Bagendang, Bumiharjo, Trisakti dan Balikpapan serta di Pulau Sulawesi berada di Makassar.

SPMT saat ini juga mengelola 3 Anak Perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. (IPCC) yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN, dan PT Terminal Curah Utama (TCU).(ahmad)