Pelindo Multi Terminal Berangkatkan 400 Pemudik dari Medan

  • Oleh : Naomy

Kamis, 04/Apr/2024 19:55 WIB
Direktur SDM SPMT sapa pemudik sebelum keberangkatan Direktur SDM SPMT sapa pemudik sebelum keberangkatan

MEDAN (BeritaTrans.com) - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menggelar mudik gratis Lebaran 2024 bagi masyarakat sebagai bentuk dukungan kepada program Mudik Asyik Bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mudik Bersama Pelindo Group Tahun 2024 memberangkatkan 159 Bus pulang pergi (PP), yang mengangkut total 7.950 orang yang akan berangkat menuju 13 kota tujuan mudik.

Baca Juga:
Pelindo Sebut Pelabuhan Lembar Catat Kinerja Positif di 2024

Pendaftaran program mudik gratis yang bertagline ‘Mudik Asyik Bersama BUMN 2024' ini telah dibuka Pelindo Group secara daring sejak 31 Maret 2024, dan mulai diberangkatan pada Rabu (3/4) hingga Jumat (5/4) dengan berbagai rute perjalanan. 

Seperti dari Jakarta ke beberapa kota besar di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur serta dari Medan dan Makassar ke kota besar di sekitarnya.

Baca Juga:
SPMT Branch Tanjung Emas Siap Sambut Arus Mudik Lebaran 2024

Khusus keberangkatan dari Medan, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) yang merupakan Subholding Pelindo juga telah menyediakan sebanyak 400 kuota penumpang, dengan rincian 200 kuota pergi, dan 200 kuota pulang menggunakan moda transportasi darat (bus) tujuan Medan - Pekanbaru - Medan, dan Medan - Banda Aceh - Medan. 

Direktur SDM SPMT, Edi Priyanto menerangkan program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN yang diselenggarakan melalui 88 BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kurang lebih 200 kota tujuan.

Baca Juga:
Pelindo Berbagi Ramadhan 2024: SPMT Santuni 840 Anak Yatim, Bagikan 6.150 Takjil dan 3.900 Sembako Gratis

“Program mudik gratis ini bertujuan untuk membantu masyarakat untuk dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman serta dengan mudik gratis ini diharapkan mampu menekan tingkat risiko kecelakaan dan mengurangi arus kepadatan lalu lintas.

Pada tahun ini, SPMT ditugaskan untuk menjadi penyelenggara program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 di kota Medan, dengan menyediakan dua rute yait Medan – Pekanbaru – Medan dan Medan – Banda Aceh – Medan. 

Semoga perjalanan mudik ini berjalan dengan lancar dan mengantarkan para pemudik ke kampung halaman dengan sehat dan selamat,” tutur Edi dalam Flag Off Mudik Asyik Bersama BUMN 2024,Kamis (4/4/2024).

Sekretaris Perusahaan SPMT Fiona Sari Utami menerangkan, program mudik gratis ini menjadi bagian dari tanggung jawab sosial SMPT sebagai bagian dari Pelindo Group untuk mendukung program kementerian BUMN sebagai upaya untuk mewujudkan perayaan mudik yang aman, nyaman, lancar, dan zero accident.

“Lokasi titik Flag Off keberangkatan mudik dari kantor Pelindo, Medan. Untuk arus balik menuju Medan bagi pemudik Pekanbaru dan Banda Aceh dijadwalkan pada 16 April 2024, pemudik Banda Aceh diberangkatkan dari Masjid Raya Baiturrahman, sedangkan pemudik Pekanbaru diberangkatkan dari Masjid Raya Pekanbaru," tutur Fiona. 

Dalam perjalanan mudik ini SPMT juga memfasilitasi takjil dan makanan berbuka maupun sahur bagi para pemudik agar perjalanan semakin lancar, aman, dan selamat sampai tujuan.

Selain itu, untuk memastikan keselamatan perjalanan mudik ini, SPMT juga melakukan tes kesehatan kepada para pengemudi bus pada hari keberangkatan.

Erlando, warga Medan yang mengikuti program mudik gratis SPMT inipun mengaku sangat bersyukur akhirnya bisa pulang kampung ke Pekanbaru untuk menemui orangtuanya. 

"Sejak menikah dan tinggal di Medan, saya belum pernah pulang kampung lagi bertemu ayah dan ibu, dengan program mudik gratis Pelindo ini akhirnya rasa rindu saya terobati, terima kasih Pelindo, tahun ini saya jadi berlebaran bersama ayah dan ibu," akunya tersenyum.

Kegiatan Flag Off Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 yang diselenggarakan SPMT di Medan ini dihadiri Komisaris SPMT Ahmad Perwira Mulia Tarigan dan Nicodemus Sitanggang; Direktur SDM SPMT Edi Priyanto; Direktur Teknik SPMT Yarham Harid; Direktur Keuangan & Manajemen Risiko SPMT Yoni Setiawan; Executive Director 1 pada Regional 1 Pelindo Ichwal Fauzi Harahap.

Hadir juga Kabag TU KSOP Belawan, Luderwijk Siahaan; Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawan Kompol. Iwan; serta perwakilan dari seluruh entitas Pelindo Group di wilayah Medan.

Sebelumnya, Kementerian BUMN meluncurkan program mudik gratis untuk menyambut Lebaran 2024. Terkait itu BUMN telah menyiapkan 80.215 kuota mudik gratis dengan rincian 55.607 penumpang mengunakan 1.225 moda Bus, 18.998 penumpang menggunakan 60 moda kereta api dan 5.610 penumpang menggunakan 15 moda kapal laut.

Program mudik bersama BUMN ini juga sebagai langkah strategis untuk memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik. 

Selain itu program mudik bersama BUMN ini merupakan implementasi bakti BUMN yang dilaksanakan sebagai bentuk TJSL BUMN. (omy)