Dukung Kesuksesan KTT ASEAN di Labuan Bajo, ASDP Pastikan Kesiapan Hotel Meruorah

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 28/Apr/2023 12:12 WIB
Hotel Meurorah Komodo Labuan Bajo Hotel Meurorah Komodo Labuan Bajo

LABUAN BAJO (BeritaTrans.com) - Dukung kesuksesan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada 9-11 Mei 2023 dengan memastikan kesiapan sarpras Hotel Meurorah .

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, pihaknya memastikan kesiapan sarana dan prasarana dalam mendukung KTT ASEAN yang sudah hampir rampung 100 persen yakni Hotel Meruorah sebagai salah satu main venue KTT ASEAN 2023. 

Baca Juga:
Inovasi ASDP, Wujudkan Impian Wisata Baru Tepi Laut Berkelas Dunia

"Progres saat ini sudah 97% dengan target penyelesaian seluruhnya pada 30 April 2023," katanya, Jumat (28/4/2023).

Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo berlokasi di Kawasan Marina Terpadu Labuan Bajo. 

Baca Juga:
Bangun Destinasi Wisata Baru Bakauheni Harbour City, ASDP Diapresiasi Kemenparekraf

Hotel milik ASDP yang dikelola anak usaha, PT Indonesia Ferry Property (IFPRO) akan digunakan sebagai lokasi utama KTT ASEAN untuk kegiatan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) serta akomodasi bagi para delegasi. 

Selain itu, hotel bintang lima dengan 145 kamar itu dilengkapi  multifunction hall berkapasitas 1.000 orang dan area komersial Plaza Marina Labuan Bajo.

Baca Juga:
Mantap, di Momen Lebaran, 30.625 Pengunjung Padati Kawasan Bakauheni Harbour City

"Kawasan Labuan Bajo yang telah ditetapkan pemerintah sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) tersebut telah sukses dikembangkan ASDP sebagai bagian transformasi dan inovasi BUMN tersebut," ungkapnya.

Dia mengatakan,  pihaknya juga sudah menyiapkan sumber daya manusia (SDM), yang profesional baik dari internal maupun eksternal Hotel Meruorah untuk melayani para kepala negara, kepala pemerintahan, dan delegasi KTT ASEAN.  

"Kami juga melibatkan sejumlah UMKM lokal, yang memasok kebutuhan bahan baku dapur dan juga perlengkapan F&B Hotel Meruorah  Komodo seperti placemate yang dipesan kepada UMKM binaan Kementerian Sosial," ujarnya.

Sejak jauh-jauh hari sebelumnya, tim manajemen secara intens berkolaborasi dengan pihak terkait seperti Sekretariat Negara, Kemenlu, Paspampres, aparat keamanan TNI/Polri, dan professional conference organizer (PCO) untuk mendukung seluruh kegiatan KTT ASEAN.

Direktur Utama IFPRO Ferry Snyders mengemukakan, beberapa waktu lalu dalam kunjungan ke Labuan Bajo, Presiden Joko Widodo juga telah mengecek langsung untuk memastikan kesiapan Hotel Meruorah secara detail dan menyeluruh dalam menyambut kehadiran para Kepala Negara/Pemerintahan maupun delegasi dari negara ASEAN.

"Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo telah berpengalaman sebagai main venue kegiatan yang berskala internasional, sehingga dipastikan siap untuk mendukung KTT ASEAN 2023 ini. Sekali lagi, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada ASDP untuk penyelenggaraan event besar ini," tuturnya.

Sebelumnya, Hotel Meruorah juga mendapatkan kepercayaan dalam pelaksanaan gelaran internasional Association Women Police (IAWP) pada 2021 lalu dan enam site event G20 setingkat menteri di antaranya Asia International Week Water (AIWW), 1st TWG Meeting, SAI20, 2nd ETWG Meeting, 2rd Sherpa Meeting, dan 3rd DEWG Meeting.

Ferry mengatakan, penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo ini akan menjadi 
momen kebangkitan Pariwisata Indonesia khususnya di Labuan Bajo yang dikelilingi pulau - pulau yang menawan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain Hotel Meruorah Komodo, fasilitas lain di Kawasan Marina Labuan Bajo adalah area komersial yang sekaligus sebagai lokasi untuk mempromosikan produk UMKM; dermaga ferry dan marina berkapasitas sandar 134 berth; dan beach club, yang mampu menampung 450 orang.

Keberadaan Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo tentunya membuka lapangan kerja termasuk bagi putra daerah Manggarai Barat, NTT. 

Selain itu, area waterfront Hotel Meruorah dapat diakses publik untuk menikmati keindahan Pantai Labuan Bajo, menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Manggarai Barat, dan sebagai lokasi untuk menampilkan atraksi budaya lokal.

ASDP pun mengharapkan keberadaan Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo dapat mendongkrak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. (omy)