Daftar 3 Stasiun Kereta Api Terbesar di Jakarta, Ada yang Sampai Ratusan Hektare

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 11/Mei/2023 14:09 WIB
Stasiun Tanjung Priok. (Istimewa) Stasiun Tanjung Priok. (Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Stasiun kereta di api di Jakarta selalu dipadati ribuan penumpang khususnya dari kalangan pengguna KRL  (commuterline). 

Salah satu lokasi pemberhentian dan keberangkatan penumpang terpadat di wilayah ibu kota untuk moda transportasi darat tersebut, yaitu Stasiun Manggarai. 

Dari sekitar 50 stasiun yang menyediakan berbagai fasilitas, berikut daftar banguna. stasiun kereta api terbesar di Jakarta berdasarkan luas areanya.

Daftar Stasiun Terbesar di Jakarta

Dihimpun dari laman resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI) heritage.kai.id, berikut deretan stasiun paling besar di DKI Jakarta beserta sekilas sejarahnya.

1. Stasiun Jakarta Kota

Stasiun ini melayani penumpang KRL dan juga Kereta Api Jarak Jauh. Penumpang selalu ramai di sini.

Tidak hanya terluas di Jakarta, Stasiun Jakarta Kota ditetapkan sebagai stasiun terbesar di Indonesia. Stasiun yang dibangun di ketinggian 4 mdpl tersebut dibekali 12 jalur rel. Menurut Surat Keputusan (SK) Gubernur No. 475 Tahun 1993 dan SK Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (sekarang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) No PM.13/PW.007/MKP/05, tempat persinggahan kereta itu ditetapkan sebagai cagar budaya.

Stasiun Jakarta Kota berdiri di atas lahan seluas 325 hektar dan mulai dibangun pada 1870. Stasiun yang juga dikenal dengan Stasiun Beos (Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij) tersebut dulu digunakan untuk menyimpan dan melakukan perawatan lokomotif. Nama lain dari stasiun yang berada di Jalan Lada, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat itu adalah Batavia Zuid.

2. Stasiun Manggarai

Saat ini Stasiun Manggarai hanya melayani dan mengoperasikan KRL dan Kereta Bandata Soekarno-Hatta. Kedepannya diharapkan stasiun ini juga akan melayani naik turun penumpang Jarak Jauh. 

Stasiun Manggarai dinobatkan sebagai stasiun dengan lalu lintas kereta api tersibuk di Indonesia. Stasiun yang melayani perjalanan 726 kereta api setiap harinya dengan 100.000 penumpang ini memiliki area seluas 2,47 hektar dengan rincian 3 lantai dan 18 lintasan rel kereta. Tujuan perhentian KRL tujuan Jakarta Kota, Bogor, Bekasi, dan Tanah Abang tersebut beroperasi sejak 1920.

Kata Manggarai sendiri berasal dari wilayah dengan nama yang sama di Flores. Pada abad ke-17, budak dari Manggarai tinggal di kawasan Gemeente Meester Cornelis. Sementara kereta api yang melintas dibangung oleh perusahaan swasta, yaitu Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

3. Stasiun Tanjung Priok

Stasiun yang terletak di Utara Jakarta ini meruapakan salah satu stasiun penuh sejarah. 

Pada 1877, Gubernur Jenderal Hindia Belanda van Lansberge membangun pelabuhan baru di Tanjung Priok. Berbagai fasilitas penunjang juga turut dibuat, seperti kanal penghubung pelabuhan dengan kota dan stasiun kereta api. Baru pada 2 November 1885, stasiun dibuka perdana bersama dengan peresmian jalur Tanjung Priok – Batavia.

Stasiun yang dihiasi ornamen art deco tersebut berada di lahan seluas 46.930 meter persegi. Sementara luas bangunannya sekitar 3.678 meter persegi. Maka tidak mengherankan apabila Stasiun Tanjung Priok masuk dalam daftar stasiun kereta api terbesar di Jakarta.

Itulah daftar tiga stasiun terbesar di Jakarta. Bagaimana anda sudah mengetahuinya sekarang?