Terminal Kertajaya Mojokerto Ditutup Sementara, Penumpang Akses Bus di Pinggir Jalan

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 16/Mei/2023 10:53 WIB
Kondisi di dalam area Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto. Kondisi di dalam area Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto.

MOJOKERTO (BeritaTrans.com) - Operasional Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto, Jawa Timur terganggu akibat imbas proyek pengecoran jalan Nasional By Pass Mojokerto.

Dampaknya akses utama pintu masuk menuju Terminal Kertajaya untuk sementara ditutup selama 30 hari kedepan.

Baca Juga:
Pembangunan Lanjut, Terminal Demak Ditarget Operasional Tahun Ini

Angkutan umum bus tidak dapat masuk ke terminal sehingga kendaraan berhenti di tepi jalan untuk menurunkan maupun menaikkan penumpang.

Kepala UPT P3 LLAJ Mojokerto Dishub Jatim, Yoyok Kristyowahono menjelaskan akses menuju pintu utama Terminal Kertajaya untuk sementara ditutup karena ada pengerjaan lanjutan pengecoran jalan By pass.

"Terkait dengan pengerjaan By pass imbasnya sampai di depan terminal Kertajaya 40 sentimeter akhirnya dibuat masih dibuat akses masuk menuju terminal," jelasnya kepada wartawan, Ahad (14/5/2023).

Ia mengatakan pengerjaan pengecoran jalan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII itu sudah berlangsung sekitar dua pekan dan berdampak terhadap Terminal Kertajaya.

"Sehingga kita tutup sementara sekitar 30 hari sampai pengerjaan cor jalan Bypass di depan terminal Kertajaya selesai sehingga bisa dilewati bus yang masuk terminal," ungkapnya.

Petugas Dishub Provinsi Jatim terpaksa menutup akses masuk Terminal Kertajaya untuk bus penumpang dari arah Surabaya- Madiun maupun sebaliknya.

"Yang ditutup akses pintu keluar masuk bus dari arah Surabaya dan sebaliknya dari arah Jombang ke Surabaya," ucap Yoyok.

Menurut dia, kondisi saat ini angkutan umum bus berhenti di tepi jalan untuk menurunkan maupun menaikkan penumpang.

"Bus berhenti di depan pintu masuk terminal untuk turun dan angkut penumpang," bebernya.

Petugas Dishub juga disiagakan di depan pintu masuk terminal Kertajaya yang berbatasan dengan jalan Nasional By pass yang ramai dilalui kendaraan.

"Kita sudah siagakan petugas membantu penumpang yang turun di tepi jalan depan Terminal untuk mengantisipasi kecelakaan karena bus berhenti di pinggirjalan," terangnya.

Yoyok mengungkapkan pihaknya meminta maaf terutama masyarakat pengguna transportasi bus terkait ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat penutupan pintu masuk terminal Kertajaya dampak dari pengecoran jalan By pass tersebut.

Dia terus berkoordinasi dengan pihak pelaksana BBPJN VIII guna memastikan operasional di Terminal Kertajaya akan kembali normal setelah pengerjaan jalan cor di depan akses keluar-masuk selesai.

"Terkait itu saya mohon maaf kepada masyarakat khususnya pengguna transportasi bus karena apapun juga mereka pasti terganggu oleh ketidaknyamanan pembangunan jalan akses keluar-masuk di Terminal Kertajaya," pungkasnya.(fhm)