Kursi Kereta Ekonomi Dirombak Jadi Lebih Nyaman dan Toilet Makin Modern

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 25/Mei/2023 16:14 WIB
KAI melakukan perombakan pada kursi tegak kelas ekonomi jadi lebih nyaman. KAI melakukan perombakan pada kursi tegak kelas ekonomi jadi lebih nyaman.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Beredar di media sosial yang menginformasikan bahwa KAI sedang memodifikasi kursi untuk menggantikan kereta ekonomi non subsidi (komersial).

VP Public Relations KAI, Kamis mengatakan, saat ini KAI memang tengah melakukan modifikasi interior kereta beserta kursinya di Balai Yasa Manggarai. Modifikasi ini sebagai bagian dari program peningkatan pelayanan di kelas ekonomi. 

Baca Juga:
Menelisik Asal Usul Air di Toilet Kereta Api

Pada tahap awal ini, sudah ada 4 gerbong kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi. Melalui modifikasi ini, jumlah kursi yang tadinya berkapasitas 80 tempat duduk, kini menjadi 72 tempat duduk, sehingga memberikan kesan yang lebih luas. Keunggulan lainnya yaitu kursinya dapat disandarkan (reclining) dan diputar (revolving) seperti kursi pada kereta eksekutif.

Selain itu pada interior kereta juga ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Baca Juga:
Terjatuh dari KA Gegara Salah Buka Pintu WC, Penumpang Meninggal

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk.

Joni mengatakan, untuk rencana operasionalnya akan dirangkaikan untuk kereta api apa dan kapan waktunya, sampai dengan saat ini masih dalam kajian manajemen. Yang pasti, dalam waktu dekat pelanggan kereta ekonomi akan merasakan pengalaman yang berbeda, dan pastinya lebih nyaman.

“Melalui modifikasi ini, KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan ke depannya untuk menjadikan perjalanan kereta api aman, nyaman, dan sehat,” tutup Joni.