Menhub Tinjau Pelayanan Angkutan Massal di Pekanbaru

  • Oleh : Naomy

Minggu, 11/Jun/2023 15:59 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara Pekanbaru Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara Pekanbaru

PEKANBARU (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan  pelayanan angkutan massal di Pekanbaru, Riau, Ahad (11/6/2023).  

Dalam kunjungannya, Menhub meninjau Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru dan Bandara Sultan Syarif Kasim II. 

Baca Juga:
Kemenhub Tetapkan 17 Bandara Internasional

Menhub ingin memastikan pelayanan angkutan massal di daerah terus meningkat dengan standar keselamatan dan keamanan yang baik. 

"Saya datang ke sini untuk menyampaikan amanat Pak Presiden. Pesannya adalah untuk mengupayakan angkutan massal menjadi pilihan utama masyarakat. 
Oleh karenanya kami harus merencanakan, menganggarkan, mengeksekusi, dan mengawasi jalannya transportasi angkutan massal ini," ujar Menhub dalam apel pagi di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki. 

Baca Juga:
Menhub Sebut Pembangunan Bandara IKN Berjalan Sesuai Rencana

Dia menekankan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan penduduk tertinggi. Di kota besar dengan penduduk banyak, penggunaan kendaraan pribadi yang masif justru akan menyebabkan macet dan polusi. 

Baca Juga:
Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Maka, penting untuk seluruh elemen mengampanyekan penggunaan angkutan massal.

Terminal BRPS melayani trayek bus ke 48 kota/kabupaten antarkota antarprovinsi (AKAP) yang tersebar di Sumatera dan Jawa serta ke 24 kota/kabupaten antarkota dalam provinsi (AKDP) Riau. 

Terminal BRPS melayani total 1.354.917 penumpang berangkat dan tiba di sepanjang tahun 2022 lalu. 

Jumlah ini meningkat 26,2% dari 1.073.480 penumpang di tahun 2021.

"Untuk menjaga aspek keselamatan perjalanan, terminal BPRS rutin menyelenggarakan ramp check ke seluruh kendaraan," kata dia. 

Sejak Januari hingga Mei 2023, Terminal BPRS telah melakukan ramp check terhadap 3.435 bus.

Selepas mengunjungi terminal, Menhub juga melakukan peninjauan ke Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. 

Menhub mengecek aspek keselamatan bandara, di antaranya turut mengikuti pengecekan rutin kendaraan pemadam kebakaran, serta kendaraan pendukung lainnya.

Turut menghadiri kegiatan ini Plt. Direktur Prasarana Transportasi Jalan Susanty Pertiwi, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Direktur Bandar Udara Syamsu Rizal, serta President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. (omy)