BPSDMP Gelar Bon Voyage 887 Lulusan BP3IP Jakarta dan Poltekpel Banten di Museum Transportasi TMII

  • Oleh : Naomy

Selasa, 13/Jun/2023 06:19 WIB
887 lulusan BP3IP Jakarta dan Poltekpel Banten 887 lulusan BP3IP Jakarta dan Poltekpel Banten

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terus promosikan keberadaan Museum Transportasi-TMII, Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) gelar Upacara Pelepasan Perwira Transportasi (Bon Voyage) lulusan Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta dan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten. 
Prosesi pelepasan dipimpin Kepala BPSDMP Djoko Sasono. 

Baca Juga:
BPSDMP Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya 1 Taruna STIP dan Evaluasi untuk Pembenahan Pola Pengasuhan

Dkoko berharap, dengan adanya penyelenggaraan seremoni seperti ini dapat sekaligus mempromosikan Museum Transportasi kepada masyarakat luas.   

Bon Voyage kali ini mengusung tema “Mewujudkan Perwira Transportasi Laut Profesional dalam Mendukung Pembangunan Transportasi yang Berkelanjutan”. 

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

Tema ini sejalan dengan upaya mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia Emas melalui implementasi ilmu dan kompetensi dari para Perwira Transportasi.

“Tema ini mengisyaratkan para Peserta Bon Voyage dapat mengimplementasikan ilmu dan kompetensinya bagi pengembangan dunia maritim yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. 

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

"Tema ini juga mendukung Rencana Pembangunan Jangka Panjang 2020-2024 Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul menuju Indonesia Emas,” ungkapnya.

Saat ini Indonesia menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia, Indonesia menjadi contoh negara yang konsisten mempertahankan pertumbuhan ekonomi tetap tinggi, bahkan pada tahun ini Menteri Keuangan menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh antara 5,1-5,3%.

“Indonesia membutuhkan saudara semua untuk terus melangkah maju agar supaya menjadi bangsa yang besar bangsa yang maju seperti yang kita impikan, pelaut menjadi salah satu penentu untuk kita bisa sampai ke sana,” bebernya.

Djoko berpesan kepada para Perwira Transportasi untuk berperan aktif dalam menghadapi perkembangan dan transformasi sektor perhubungan, karena para Perwira Transportasi memiliki peran penting untuk membawa perubahan positif untuk mewujudkan pembangunan transportasi yang berkelanjutan.

“Saya minta perwira transportasi wajib menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, integritas dan tanggung jawab. Jadilah pelaut yang beretika, berperilaku baik, dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Perhubungan di Indonesia. Jadilah Pelaut Unggul, Pelaut ber-Prestasi. Bon Voyage!,” pesannya.

Upacara Bon Voyage kali ini diikuti sebanyak 887 peserta, yang berasal dari lulusan dua kampus yaitu BP3IP Jakarta dan Poltekpel Banten, yang terdiri dari lulusan Diklat Pelaut tingkat III sebanyak 27 orang, Diklat Pelaut tingkat IV sebanyak 549 orang, dan Diklat Pelaut tingkat V sebanyak 311 orang.

“Lulusan Program Diklat Tingkat III, IV, dan V telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai IMO Model Course 7.03 dan 7.04 dengan sistem dan metode pembelajaran sesuai lama diklat masing-masing yang mencakup empat kriteria, yaitu kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap, serta kompetensi untuk siap menghadapi perubahan,” ujar Direktur Poltekpel Banten, Moejiono. (omy)