Maskapai Kargo Raindo United Services Dukung Aksesibilitas Langsung Ekspor dan Impor Antara Indonesia dan Hong Kong

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 20/Jun/2023 16:12 WIB
foto:istimewa/raindo foto:istimewa/raindo

HONG KONG (BeritaTrans.com) -  Dengan posisinya sebagai maskapai kargo terbaru di tanah air, PT Rusky Aero Indonesia - beroperasi dengan nama Raindo United Services (“Raindo”) secara berkelanjutan mewujudkan komitmen dalam membangun jaringan ekosistem logistik baik untuk skala internasional maupun nasional.

Baca Juga:
Pendapatan Garuda di Kuartal 1 Meningkat, Target Pertumbuhan Penumpang 40%

Yang terbaru, Raindo berkontribusi langsung dalam meningkatkan kemitraan ekonomi serta pengembangan platform ekspor dan impor antara Indonesia dengan Hong Kong melalui penandatanganan perjanjian kerja sama `bersama Forever Harvest Corporation Ltd.

Penandatanganan nota kesepahaman antara Raindo United Services dengan Forever Harvest Corporation Ltd diwakili oleh Bambang Sudjatmiko sebagai CEO PT Rusky Aero Indonesia dan Mr. Alex Chu selaku Direktur Forever Harvest Corporation Ltd, serta disaksikan oleh Ricky Suhendar selaku Konsulat Jenderal RI di Hong Kong dan Benny Rustanto selaku Founder dan Komisaris PT Rusky Aero Indonesia. Pada kesempatan ini juga turut hadir perwakilan dari BUMN Logistik - PT Angkasa Pura Logistik sebagai mitra dari supply chain logistik untuk memperkuat layanan kepada pelanggan (last mile service).

Baca Juga:
Erupsi Gunung Ruang, 7 Penerbangan di Bandara Sulawesi Utara Disetop

Benny Rustanto, Founder dan Komisaris PT Rusky Aero Indonesia mengatakan, “Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih kepada Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong yang telah memfasilitasi penandatangan kerja sama perdagangan ekspor impor bilateral antara Indonesia dan Hong Kong. Dengan posisi Forever Harvest Corporation Ltd sebagai distributor produk-produk Indonesia termasuk produk UMKM di Hong Kong, maka kerja sama ini mendukung peranan kami sebagai katalisator perubahan dalam semakin memajukan industri UMKM di Indonesia terutama sisi logistik melalui konektivitas tanpa batas dan berkelanjutan.”

Benny menambahkan bahwa Raindo United Services melalui armada Boeing Converted Freighter (BCF) 737-800 dengan kapasitas angkut hingga 23 ton telah dilengkapi oleh sistem kargo termutakhir seperti fasilitas Unit Loading Device (ULD), tank oksigen hingga mesin pendingin. “Didukung dengan sumber daya manusia dengan pengalaman terdepan, kami optimis layanan Raindo United Services akan menjadi solusi terbaru yang mampu menawarkan sistem logistik terintegrasi dari hulu ke hilir melalui keunggulan teknologi digital.” ujar Benny.

Baca Juga:
Dukung Pertumbuhan Pariwisata, Garuda Buka penerbangan Manado-Denpasar

Pada tahun 2022, nilai perdagangan antara Hong Kong dan Indonesia mencapai US$ 5,9 miliar dan Indonesia secara konsisten menduduki peringkat ke-6 sebagai negara asal impor Hong Kong dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.​ Kehadiran kerja sama seperti yang dilakukan oleh Raindo dan Forever Harvest Corporation Ltd diharapkan dapat terus meningkatkan nilai perdagangan antar kedua belah negara.

“Saya optimis bahwa kesepakatan ini akan meningkatkan perluasan akses pasar Indonesia terutama UMKM ke Hong Kong sehingga nilai perdagangan Indonesia dan Hong Kong akan semakin menguat”, ujar Ricky Suhendar selaku Konjen RI untuk Hong Kong dalam sambutannya. “Inisiatif positif semacam ini terus kita dorong dan fasilitasi demi kemajuan ekonomi dan perdagangan Indonesia dan Hong Kong,” tutup Konjen Ricky.(ahmad)