Kereta Api Pembawa Cairan Kimia BerbahayaTerperosok di Sungai Montana AS

  • Oleh : Fahmi

Senin, 26/Jun/2023 09:49 WIB
Dua gerbong kereta yang mengangkut natrium hidro sulfat, garam asam, tidak masuk ke air. Penilaian kualitas udara awal menunjukkan bahwa bahan kimia itu tidak bocor dari dalam gerbong. (AP/Matthew Brown) Dua gerbong kereta yang mengangkut natrium hidro sulfat, garam asam, tidak masuk ke air. Penilaian kualitas udara awal menunjukkan bahwa bahan kimia itu tidak bocor dari dalam gerbong. (AP/Matthew Brown)

MONTANA (BeritaTrans.com) - Sebuah kereta api terguling di negara bagian Montana, Amerika Serikat (AS), dan menyebabkan jembatan di atas Sungai Yellowstone runtuh pada Sabtu pagi, 24 Juni. Alhasil, sejumlah gerbong kereta yang membawa bahan kimia berbahaya pun jatuh ke sungai, menurut laporan kantor berita CNN.

Montana Rail Link, perusahaan yang mengoperasikan kereta tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "beberapa gerbong hazmat" telah jatuh ke sungai. Tidak ada cedera yang dilaporkan di antara awak kereta, tambahnya.

Mengutip dari laman CGTN, Ahad, 25 Juni 2023, gerbong-gerbong itu membawa aspal dan belerang cair, dua zat yang dapat dengan cepat mengeras saat bersentuhan dengan suhu yang lebih dingin, kata pihak perusahaan.

Dua gerbong kereta yang mengangkut natrium hidro sulfat, garam asam, tidak masuk ke air. Penilaian kualitas udara awal menunjukkan bahwa bahan kimia itu tidak bocor dari dalam gerbong.

Beberapa lembaga lokal, negara bagian, dan federal sedang mengoordinasikan tanggapan untuk menentukan apa yang menyebabkan kereta terguling. Otoritas setempat "belum dapat memastikan" apa yang terjadi lebih dahulu, apakah tergulingnya kereta atau robohnya jembatan.

"Akses penangkapan ikan lokal akan ditutup. Pabrik pengolahan air, distrik irigasi, dan perusahaan industri mengambil tindakan pencegahan sesuai kondisi di lapangan," kata Kantor Sheriff Yellowstone County.