Kick Off PNKJ 2023, Masyarakat Diajak Beralih ke Transportasi Aktif Guna Tekan Angka Kecelakaan

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 08/Jul/2023 09:30 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kick Off Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (8/7/2023) pagi.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Danto menjelaskan, Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2023 untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan penggunaan transportasi aktif.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

"Kegiatan ini mengajak masyarakat beralih menggunakan transportasi aktif, yaitu mengutamakan penggunaan angkutan massal, sepeda, maupun berjalan kaki, ketimbang menggunakan kendaraan pribadi," ujar Danto dalam sambutannya, Sabtu (8/7/2023).

Kegiatan itu juga untuk menekan angka kecelakaan dan mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga:
H+4 Lebaran,1,2 juta Orang Terpantau Gunakan Angkutan Umum

"Secara global, diharapkan dapat menggugah publik agar berpikir ulang dalam bermobilitas secara selamat dan aman, sekaligus melestarikan lingkungan. Salah satunya yaitu melalui penggunaan transportasi aktif,” kata Danto.

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Moda Bus dari 9 Terminal

Dia menjelaskan, melalui program PNKJ yang merupakan tindak lanjut dari seruan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berfokus untuk mewujudkan transportasi berkelanjutan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Program PNKJ Dunia yang telah memasuki tahun ke-16 ini menjadi isu global, dimana setiap negara dianjurkan untuk melaksanakan program PNKJ yang disesuaikan dengan dinamika kondisi sosial budaya negara masing-masing.

Kegiatan di Monas yang dengan tema "Cycling Anywhere to Save the Earth" ini juga sekaligus memberangkatkan Irjen Pol (Purn) Royke Lumowa keliling dunia menggunakan sepeda menuju Paris. 

Kegiatan bersepeda keliling dunia menggunakan sepeda menuju tugu terkenal di Prancis tersebut juga merupakan kampanye tentang lingkungan.

Terlihat sejumlah komunitas pesepeda maupun komunitas lain meramaikan kegiatan di Kick Off Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2023 yang berlangsung di Monas tersebut.

“Kegiatan ini juga akan dilakukan pelepasan perdana oleh Royke Lumowa yang akan melakukan menggoes sepeda keliling dunia hingga ke Paris," ujar Danto.

Kegiatan Kick Off PNKJ 2023 dihadiri Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnaviana, Perwakilan dari Menteri Perhubungan Budi Setiyadi, para komunitas pesepeda, lingkungan hidup, dan unsur Polri.(fhm)