Tarif LRT Jabodebek Rp 5000 untuk Kilometer Pertama, Terjauh Sampai Rp 25 Ribu

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 12/Jul/2023 18:03 WIB
LRT Jabodebek. LRT Jabodebek.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal menjelaskan, tarif LRT Jabodebek akan diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan. Untuk tarif termurah LRT Jabodebek ditetapkan sebesar Rp 5 ribu.

Sementara tarif terjauh, yaitu Stasiun Harjamukti Cibubur sampai Stasiun Jati Mulya Bekasi diperkirakan Rp 25 ribu. Tarif tersebut tinggal menunggu disahkan lewat Peraturan Menteri.

Baca Juga:
Jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek Hari Ini di Tiap Stasiun, Tarif Promo Terjauh Rp10.000 Berlaku

"Untuk tarif nanti Pak Menteri (Budi Karya Sumadi) akan mengatur Peraturan Menterinya. Tadi disampaikan teman-teman ada Rp 25 ribu itu adalah tarif terjauh dari Cibubur sampai Bekasi. Namun dari Jakarta ke Bekasi atau Jakarta ke Cibubur itu sekitar Rp 20 ribu," katanya saat konferensi pers di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Adapun hitungan tarifnya adalah Rp 5 ribu per kilometer pertama. Tarif per kilometer selanjutnya ditetapkan Rp 700.

Baca Juga:
Jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek Minggu 7 April, Ada Tarif Promo Terjauh Loh!

Saat dikonfirmasi apakah tarif tersebut sudah pasti, Risal membenarkan. Tarif itu juga sudah termasuk subsidi dari pemerintah. "Iya Rp 5 ribu per kilometer dan Rp 700," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi buka suara soal perkiraan tarif LRT Jabodebek. Seperti diketahui, LRT Jabodebek resmi diujicoba secara terbatas hari ini, Rabu 12 Juli 2023.

Baca Juga:
Jadwal Layanan LRT Jabodebek Sabtu 6 April, Tarif Promo Terjauh Berlaku Sepanjang Libur Idulfitri

Menurutnya, tarif LRT Jabodebek bakal ditetapkan di kisaran Rp 20-25 ribu untuk rute terjauh. Namun pemerintah juga masih melakukan perhitungan.(fhm)