Sudah Tau Titik 0 Kilometer Tol Trans Jawa ada di Mana?

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 25/Jul/2023 10:34 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Seringkali pengguna Tol Trans Jawa belum mengetahui di mana keberadaan titik 0 kilometer Tol Trans Jawa.

Berdasarkan postingan di akun Instagram Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT ) @pupr_bpjt, titik 0 kilometer Tol Trans Jawa ada di Tol Cawang-Tomang.

Baca Juga:
Tol IKN Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang Rampung Juni 2024

"Tepatnya berada di arah menuju timur KM 0 ruas Tol Cawang (arah Jakarta-Semanggi-Surabaya-Probolinggo), kemudian arah menuju barat KM 0 berada di ruas Tol Tomang (arah Jakarta-Tangerang-Merak)," tulis akun tersebut, Sabtu (7/8/2021) .

Titik 0 kilometer ini juga menjadi awal untuk menentukan perhitungan kilometer di jalan tol, baik itu ke arah Bogor, Tanjung Priok, Cikampek arah Trans Jawa maupun arah Merak.

Baca Juga:
Tarif Tol Gempol-Pandaan Naik Mulai Hari Ini

"Nilai kilometer ini semakin ke timur angka kilometernya juga semakin besar begitupun sebaliknya," jelasnya.

Sebagai informasi, Jalan Tol Trans Jawa merupakan jalan tol yang terbentang sepanjang 1.056,38 kilometer dari Merak di Banten hingga Probolinggo di Jawa Timur.Jalan tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 20 Desember 2018 ini merupakan salah satu proyek infrastruktur terbesar di Indonesia.

Baca Juga:
Gerbang Tol Tomang dan Simpang Susun Ramp D Ruas Tol Dalam Kota Ditutup Sementara Mulai, Perhatikan Jadwal Ini!

Pembangunan Tol Trans Jawa dimulai pada tahun 1978 oleh pemerintah Orde Baru.Ruas tol pertama yang dibangun adalah Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang diresmikan pada tahun 1984 oleh Presiden Soeharto.

Pembangunan Tol Trans Jawa semakin pesat pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada masa Jokowi, pemerintah membangun Tol Jakarta-Cikampek Elevated, Tol Batang-Semarang, Tol Semarang-Solo, Tol Solo-Kertosono, Tol Kertosono-Mojokerto, Tol Mojokerto-Surabaya, Tol Surabaya-Gresik, Tol Gresik-Pasuruan, Tol Pasuruan-Probolinggo, dan Tol Probolinggo-Banyuwangi. (Fhm)