BPTJ Beri Penghargaan Pramudi dan Masinis Teladan

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 04/Agu/2023 13:44 WIB
Penerima penghargaan dari BPTJ Penerima penghargaan dari BPTJ

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyelenggarakan kegiatan pemilihan pramudi dan masinis teladan di wilayah Jabodetabek di Jakarta.

Baca Juga:
Inilah Pramudi dan Masinis Peraih Penghargaan BPTJ

Acara yang berlangsung 2-4 Agustus 2023 diikuti 59 peserta dari berbagai perusahaan operator transportasi di wilayah Jabodetabek. 

Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan BPTJ setelah pada tahun 2019 dan 2021. 

Baca Juga:
BPTJ Latih Pegawai Ahli Sarana dan Prasarana ke PTDI-STTD

Penyerahan penghargaan disampaikan Plt Kepala BPTJ, Robby Kurniawan, Jumat (4/8/2023).

Robby mengapresiasi juru mudi angkutan umum, baik dalam bidang transportasi jalan maupun perkeretaapian yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Baca Juga:
Tingkatkan SDM, BPTJ Lakukan Kerja Sama Penyelenggaraan Diklat Bidang Transportasi dengan PTDI-STTD

"Pemilihan pramudi dan masinis teladan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi melalui pemberian penghargaan terhadap profesinya," tuturnya.

Selain itu ungkapnya, kegiatan ini juga untuk membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas angkutan jalan dan perkeretaapian.

“Dengan kegiatan pemilihan pramudi teladan ini, kita berharap bisa menjadi ajang untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi pramudi serta masinis dalam profesinya. Tujuannya ya kita memberi penghargaan kepada mereka yang sudah banyak berjasa di bidang transportasi. Mereka bertanggungjawab terhadap keselamatan para penumpang. Mengantarkan banyak nyawa dari suatu tempat ke tempat lain dengan selamat. Itu tanggung jawab yang sangat besar,” beber Robby.

Terdapat empat kategori penghargaan yang diberikan, meliputi Pramudi Teladan Berbasis Bus, Pramudi Teladan Berbasis Mobil Penumpang Umum (MPU)/Taksi, Pramudi Teladan Berbasis Mobil Penumpang Umum (MPU)/Angkutan Sewa Khusus (ASK), serta Masinis Teladan di Wilayah Jabodetabek.

Penerima penghargaan ditentukan melalui serangkaian proses seleksi yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 Agustus 2023. 

Adapun tahapan seleksinya meliputi penguasaan teori, pemeriksaan kesehatan, wawancara, dan penguasaan praktik lapangan, ujian praktik bagi para pengemudi bus, taksi, dan ASK dilaksanakan di sekitar kawasan Kemayoran dan Gunung Sahari. 

Sementara bagi para masinis ujian praktik mempergunakan fasilitas simulator KA di Depo KRL Depok milik KCI.

Guna menjaga independensi, tim penilai berasal dari berbagai instansi meliputi BPTJ, DPP Organda, PT Jasa Raharja, Korlantas Polri, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (omy)