Pembangunan Jalan Tol Muba-Jambi Bikin Berdebu, Warga Blokir Jalan

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 05/Agu/2023 15:40 WIB
Puluhan Emak-emak Memblokir Jalan! Gegara Pembangunan Jalan Tol Muba-Jambi Berdebu. Puluhan Emak-emak Memblokir Jalan! Gegara Pembangunan Jalan Tol Muba-Jambi Berdebu.

MUSI BANYUASIN (BeritaTrans.com) - Puluhan warga yang berada di Simpang Kurun, Dusun 1 dan Dusun 5, Desa Suka Jaya, Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasin, Sumatra Selatan,  memblokir jalan yang tengah dilalui kendaraan dalam pembangunan jalan tol  Palembang - Jambi pada Sabtu (5/8/2023).

Tampak puluhan emak-emang memgibarkan selebaran dan memasang tulisan peringatan kepada pihak tol sebagai bentuk protes mereka.

Baca Juga:
Daftar Nilai Ganti Rugi Lahan Terdampak Proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung yang Dikeluhkan Warga

Hal ini lantaran warga geram akibat pembangunan jalan tol, dan lalu lalang kendaraan proyek, menyebabkan jalan akses menuju Desa mereka, dipenuhi debu. 

Pembangunan jalan tol Betung - Jambi pada sesi Tiga Bayung Lencir - Tempino ini, membuat resah warga akibat kondisi jalan yang tengah dibangun dipenuhi debu dan minimnya penyiraman air.

Baca Juga:
Pembangunan Tol Terkena Gedung Sekolah, DPRD Jabar: Harus Diganti ke Tempat Ideal

"Debu akibat kendaraan yang lalu lalang dijalan tol ini membuat warga yang berada di Dusun 1 dan Dusun 5 terkena imbasnya dan berdebu, kami meminta pihak tol agar menyiram jalan supaya tidak berdebu. Kami khawatir debu akan berdampak negatif dan menganggu kesehatan warga," pungkas salah seorang emak-emak yang portes, Anita.

Pembangunan jalan yol ini dilakukan hingga malam hari, sehingga warga benar-benar terganggu dan merasa khawatir dengan kondisi jalan yang dipenuhi debu.

Baca Juga:
Keresahan Warga Terdampak Tol Solo-Jogja di Sleman

"Kami memblokir jalan menuju Desa Kami pak, agar kendaraan tidak lewat kejalan Desa kami ini, kami sangat takut debu yang tebal ini membuat anak-anak sakit" pungkas Aitna yang merupakan warga Desa Suka Jaya.

Tak hanya itu saja, dia ungkapkan, warga meminta kepada pihak pengelola jalan tol serta pemerintah, untuk memperhatikan keselamatan warga sekitar dengan adanya debu yang tebal dalam pembangunan dan sangat membahayakan kesehatan warga. 

Hal ini tak lain agar untuk melaksanakan pembangunan jalan tol dilakukan penyiraman, sehingga tidak menimbulkan debu. (Fhm/sumber:tvone)