Sepeda Motor Tertabrak Kereta Api di Lamongan, Korban Terpelanting

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 12/Agu/2023 06:54 WIB
Polisi saat melakukan evakuasi sepeda motor yang tertabrak kereta api komuter di jalur perlintasan Desa Plosowahyu, Kecamatan/Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu (9/8/2023).(Dok. istimewa) Polisi saat melakukan evakuasi sepeda motor yang tertabrak kereta api komuter di jalur perlintasan Desa Plosowahyu, Kecamatan/Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu (9/8/2023).(Dok. istimewa)

LAMONGAN (BeritaTrans.com) - Seorang pengendara sepeda motor tertabrak kereta api komuter di pelintasan kereta api di Dusun Plosogeneng, Desa Plosowahyu, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu (9/8/2023).

Pengendara motor tersebut adalah Sudiono (58), warga Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Ia tertabrak kereta api komuter jurusan Blora-Surabaya dengan nomor lokomotif CC 441.

Baca Juga:
3 Remaja Keserempet Kereta Saat Ngonten di Dekat Rel, 1 Tewas

Imbas tabrakan itu, Sudiono sempat terpelanting beberapa meter dan mengalami luka.

"Bapaknya (korban) itu tadi awalnya dari jalan poros nasional, bermaksud untuk menyeberang. Saat ban depan sepeda motornya sudah di rel (pelintasan), bersamaan melaju komuter dan terjadi tabrakan," ujar Sutrisno, salah seorang saksi, kepada awak media, Rabu.

Baca Juga:
Bus Putra Sulung Diseruduk Kereta Api Lampung-Palembang, Ada yang Meninggal

Sutrisno menambahkan, korban yang mengendarai sepeda motor terlihat kurang memperhatikan kondisi sekitar. Sebab, saat melintas, korban seperti tidak melihat bakal ada kereta api komuter jurusan Blora-Surabaya yang melintas.

"Jarak sudah dekat dan tidak lagi bisa menghindar, akhirnya tertabrak hingga terpelanting beberapa meter ke tepi (pinggir) rel," ucap Sutrisno.

Baca Juga:
Truk Air Mineral Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Resmi Tak Terjaga

Kepala Unit Penegakan Hukum Sat Lantas Polres Lamongan, Ipda Hadi Siswanto menjelaskan, semula korban mengendarai motor Honda Supra Fit melaju di Jalan Poros Nasional Lamongan-Babat. Kemudian, ia berbelok ke arah kiri dan hendak menyeberang ke Dusun Plosogeneng, Desa Plosowahyu.

"Saat bersamaan, di pelintasan kereta api Km 18500 di jalur hilir utara JPL 313 melintas kereta api commuter line Blora-Surabaya CC 441. Tidak ada korban jiwa. Korban yang terpelanting beberapa meter mengalami luka, saat ini sudah dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan," kata Hadi.

Atas kejadian ini, Hadi mengimbau kepada para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dan waspada ketika hendak melintasi jalur pelintasan kereta api. 

Hadi juga menyarankan kepada para pengguna jalan untuk berhenti sejenak memperhatikan kondisi sekitar sebelum melanjutkan perjalanan melintasi jalur pelintasan kereta api.(fhm)