1st Tlilir Art & Culture Festival di Temanggung Digelar 1 September

  • Oleh : Naomy

Selasa, 22/Agu/2023 10:42 WIB
Desa Temanggung, Jawa Tengah Desa Temanggung, Jawa Tengah

JAKARTA (BeritaTrans.com) - "1st Tlilir Art & Culture Festival’ yang mengangkat tema ‘From Village to The World’ dengan latar belakang pemandangan Puncak Gunung Sumbing bakal dihelat 1-3 September 2023. 

Event ini akan berlangsung di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah dengan menarasikan ‘Tlilir: Tembakau, Tradisi dan Takdir’, serta mengampanyekan ‘Sustainability & Eco-Friendly Event’. 

Baca Juga:
Menparekraf: Ekonomi Berkelanjutan Jadi Kunci Pariwisata Indonesia Sebagai Destinasi Global

Di mana dalam penyelenggaraan event ini seluruhnya menggunakan material bambu. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penyelenggaraan ‘1st Tlilir Art & Culture Festival’, yang merupakan hallmark event yang berbasis pariwisata dan digerakkan oleh masyarakat. 

Baca Juga:
Menparekraf: BaliSpirit Festival 2024 Perkuat Indonesia sebagai Destinasi Wellness Tourism Dunia

“Kami sangat mendukung dan akan membantu promosi, 
mudah-mudahan ini yang pertama dan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (21/8/2023).

Direktur Digra Harsa Mandiri Ridlo Amiruddin menyampaikan, Tlilir Art & Culture Festival dikemas dengan melibatkan masyarakat melalui pertunjukan drama musikal. 

Baca Juga:
Bangun Destinasi Wisata Baru Bakauheni Harbour City, ASDP Diapresiasi Kemenparekraf

Dia menargetkan 3.000 pengunjung datang ke acara dalam tiga hari penyelenggaraan.

“Untuk line up-nya akan dihadiri Orkes Sinten Ramen, Jogja Hip-hop Foundation, penyanyi Arlinda Putri dan Irenne Ghea,” ujar Ridlo. 

Selain itu, Ridlo menuturkan festival ini juga akan menyuguhkan festival UMKM dari 17 subsektor ekonomi kreatif seperti fesyen, kuliner, produk kerajinan dari tembakau, kopi, dan lomba kuda lumping tingkat nasional dengan hadiah piala Kemenpora dan uang tunai.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, jajaran pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf. (omy)